Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang Arbani Mukti Wibowo. (Foto: Ashaq Lupito/MalangTimes)
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang Arbani Mukti Wibowo. (Foto: Ashaq Lupito/MalangTimes)

MALANGTIMES - Ada penambahan satu pasien positif covid-19 di Kabupaten Malang.

Sebelumnya tercatat pasien positif covid-19 terdapat empat orang dengan kondisi satu telah meninggal.  Dengan bertambahnya satu kasus pasien positif covid-19 di wilayah Kabupaten Malang, maka total keseluruhan berjumlah lima orang.

Terkait penambahan kasus satu pasien positif covid-19, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang Arbani Mukti Wibowo menuturkan bahwa sebelumnya pasien tersebut bukan termasuk ODP (orang dalam pemantauan).

"Tidak ada itu (di daftar ODP). Dulumya memang tidak ada ODP di situ, tapi positif. Tidak ada gejala," ujarnya Sabtu (28/3/2020).

Sementara ini, pasien positif covid-19 tersebut masih dalam tahap pengawasan secara intens oleh petugas kesehatan Kabupaten Malang di kediamannya dengan memperhatikan protokol kesehatan yang telah diberlakukan. "Belum (isolasi di RSUD Kanjuruhan). Di rumah saja itu, karantina rumah," sebut Arbani. 

Arbani kembali menegaskan bahwa pasien positif covid-19 tersebut masih dalam tahap tracing. Tujuannya untuk mengetahui bagaimana bisa pasien tersebut yang setelah diperiksa menunjukkan hasil positif covid-19.

"Kami belum tracing. Kalau kami tracing, nanti baru tahu, ini sumbernya dari mana. Terus kemudian nanti kita tracing-nya juga siapa saja yang pernah kontak pada yang bersangkutan," tutupnya. 

Perlu diketahui, berdasarkan data dari website resmi Provinsi Jawa Timur mengenai covid-19, yakni infocovid19.jatimprov.go.id , bahwasanya pada saat ini jumlah ODP (orang dalam pemantauan) di Kabupaten Malang berjumlah 61 orang,  jumlah PDP (pasien dalam pengawasan) sebanyak 17 pasien, serta  kasus konfirmasi positif covid-19 terdapat lima kasus dengan satu pasiem telah meninggal dunia.