Ilustrasi (Istimewa).
Ilustrasi (Istimewa).

MALANGTIMES - Sembuh total, seluruh pasien positif covid-19 di Kota Malang telah dipulangkan. Seluruhnya kini sudah dapat menjalankan aktivitas di rumah meski tetap mendapatkan pantauan dari tim medis.

Kabar bahagia itu disampaikan Kabag Humas Pemkot Malang Nur Widianto. Pria yang akrab disapa Wiwid itu menyampaikan, pada hari ini, Sabtu (28/3/2020) seluruh pasien positif dinyatakan sembuh total. Yakni dua pasien sebelumnya dirawat di RSSA Malang dan satu lagi telah menjalani pengobatan di RST Soepraoen Malang. "Alhamdulillah sudah sembuh semua dan dipulangkan," katanya.

Baca Juga : Aksi Tak Terpuji Bule di Bali, Pandemi Covid-19 Malah Party

Meski begitu, lanjut dia, pasien yang telah dinyatakan sembuh akan tetap mendpatkan pantauan menyeluruh dari pihak medis. Selain itu, pasien sembuh  tetap diminta untuk melakukan karantina secara mandiri dengan tidak menjalankan aktivitas di luar rumah terlebih dulu sementara waktu.

"Termasuk kontak dengan keluarga juga supaya tidak terllau intens. Supaya aktivitas di rumah terlebih dulu," terangnya.

Wiwid juga menyampaikan jika kabar gembira tersebut harus menjadi salah satu semangat bagi warga Kota Malang untuk turut memutus rantai persebaran covid-19. Di antaranya dengan melaksanakan imbauan pemerintah untuk melaksanakan social distancing, physical distancing, dan melakukan aktivitas di rumah saja.

"Serta tentunya jaga pola hidup sehat. Karena saudara kita yang dinyatakan sembuh itu juga karena peningkatan secara bertahap akan daya imunnya. Covid-19 bisa disembuhkan, tapi akan lebih baik dan lebih utama corona tidak hadir kepada kita semua. Ayo, membangun tanggung jawab dan kedisiplinan kita," ajaknya.

Sementara itu, sampai saat ini, tercatat ada 156 orang dalam pemantauan (OPD) di Kota Malang. Rinciannya 90 orang dalam pantauan, 48 tenaga medis, dan 18 warga telah melewati tahapan masa pantau.

Sedangkan untuk pasien dalam pengawasan (PDP) mencapai 16 orang. Meliputi tiga pasien positif yang kini telah sembuh total, dua orang PDP meninggal dunia dan sebelumnya menjalani perawatan di RSSA Malang serta RS Lavalette.

Baca Juga : Aksi Tak Terpuji Bule di Bali, Pandemi Covid-19 Malah Party

Kemudian PDP sehat ada lima orang yang sebelumnya menjalani perawatan di RS Panti Waluyo (RKZ) Kota Malang sebanyak dua pasien dan tiga pasien menjalani perawatan di RS Lavalette.

Sedangkan pasien yang masih dirawat total ada enam PDP. Dengan rincian dua pasien dirawat di Lavalette, dua krang di RS Panti Waluyo RKZ, satu orang di RSUD Kota Malang, dan satu lagi menjalani perawatan di RS Prima Husada.