Petugas saat akan membersihkan pohon tumbang di Jalan Panglima Sudirman, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu, Sabtu (28/3/2020). (Foto: istimewa)
Petugas saat akan membersihkan pohon tumbang di Jalan Panglima Sudirman, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu, Sabtu (28/3/2020). (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Hujan yang cukup singkat disertai angin rupanya memberikan dampak di Kota Batu. Ya akibat dari itu membuat pohon yang menjulang tinggi tumbang di kawasan Jalan Panglima Sudirman, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu, Sabtu (28/3/2020).

Terlihat pohon asam londo berdiameter 100 centimeter dengan tinggi 25 meter itu tumbang. Seketika langsung menutup dua ruas di jalan tersebut.

Baca Juga : Quraish Shihab Tegaskan Wabah Covid-19 Bukan Azab Allah

Mengetahui hal tersebut petugas yang terdiri dari BPBD Kota Batu, Polsek Batu, Satpol PP, Dinas Lingkungan Hidup, Agen Bencana Provinsi Jawa Timur, Tagana, dan FPRB Desa Pesanggrahan langsung terjun ke tempat kejadian tersebut untuk melakukan pembersihan. 

Petugas pun langsung melakukan pemotongan dan pembersihan pohon tumbang yang ada di sana. Agar kondisi jalan kembali normal kembali.

Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Kota Batu, Achmad Choirur Rochim mengatakan, tumbangnya pohon tersebut lantaran akar yang sudah lapuk. Sehingga saat hujan disertai angin membuat pohon tumbang.

“Pohon asam londo ini akarnya sudah lapuk, sehingga saat hujan disertai angin pohon ini tidak dapat menahan akibatnya tumbang,” ucap Rochim.

Baca Juga : Ditemukan Sepatu, Kaus Kaki, Topi di Dekat Hilangnya Pendaki Gunung di Kota Batu

Saat pohon itu tumbang langsung menimpa lampu jalan, tiang, dan kabel telepon serta papan reklame yang ada di sana. “Pohon itu langsung merusak tiang, lampu jalan, papa reklame, dan kabel telepon,” tutupnya.