Data Kota Batu 66 OPD dan 1 positif virus corona. (Foto: screenshot infocovid19.jatimprov.go.id)
Data Kota Batu 66 OPD dan 1 positif virus corona. (Foto: screenshot infocovid19.jatimprov.go.id)

MALANGTIMES - Kota Batu kini masuk dalam wilayah zona merah Covid-19 di Jawa Timur. Pasalnya, terdapat satu orang pasien positif terinfeksi virus Corona. 

Penetapan zona merah itu diumumkan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (26/3/2020).

Baca Juga : Sudah Diwajibkan, Pemerintah Kabupaten Malang Bakal Bagikan 120 Ribu Masker ke Masyarakat

Khofifah menyebut ada 4 wilayah baru yang menjadi zona merah. “Empat wilayah baru zona merah yakni Situbondo, Lumajang, Jember dan Kota Batu,” terangnya.

Padahal, sebelumnya wilayah-wilayah tersebut tidak masuk zona merah. Karena sudah ada yang dinyatakan positif maka masuk zona merah.

Data itu pun juga bisa dilihat dari website infocovid19.jatimprov.go.id yang menunjukkan di Kota Batu terdapat 66 Orang Dengan Pemantauan (ODP). Meskipun terdapat satu orang positif, tidak ada Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Dalam website itu, data terakhir dari Kota Batu masuk pukul 15.40 pada Jumat. “Seperti Kota Batu sebelumnya hijau hanya ODP, kini ada pasien positif,” imbuh Khofifah.

Sedangkan untuk Orang Dalam Risiko (ODR), totalnya ada 441 orang. Data itu terbagi dari tiga kecamatan yang tersebar di Kota Batu. 

Baca Juga : Pasien Covid-19 di Jombang Seorang Dokter, Ada 80 Orang Berpotensi Tertular

Sementara itu, Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso saat dikonfirmasi masih irit komentar.

“Terkait yang positif dari data tersebut, kami masih belum bisa memberikan kepastiannya ataukah itu positif atau tidak. Kalau memang ada di mananya,“ katanya.