Wisatawan saat berswa foto di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). (Foto: Istimewa)
Wisatawan saat berswa foto di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). (Foto: Istimewa)

MALANGTIMES - Bagi kalian yang merencanakan liburan ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) untuk menikmati keindahan alam padang pasir, sepertinya harus ditahan dulu.

Pasalnya, Balai Besar TNBTS menutup total akses wisata di kawasan Gunung Bromo itu hingga kondusifitas membaik. Hal tersebut, dilakukan sebagai salah satu upaya mencegah penyebaran penularan virus Corona atau Covid-19.

"Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru memperpanjang penutupan untuk seluruh kawasan taman nasional, sampai dengan pengumuman lebih lanjut," kata Kepala Balai Besar TNBTS John Kennedie melalui keterangan tertulisnya.

Padahal, sebelumnya Balai Besar TNBTS melakukan penutupan sementara destinasi wisata unggulan di Jawa Timur itu mulai 19-31 Maret 2020 saja. Namun, melihat perkembangan dari Covid-19 yang masih merisaukan maka penutupan itu diperpanjang.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

#sahabatmentaritengger , Sepertinya saat dimana kita akan bersua lagi menjadi sedikit lebih lama nih.. Sesuai keputusan BNPB, status kedaruratan bencana Pandemi COVID-19 diperpanjang hingga 29 Mei 2020. Jadi, untuk meminimalisir dampak dan resiko meluasnya wabah, penutupan seluruh kawasan TNBTS harus diperpanjang. Sampai kapan? Jangan tanya mimin. Tapi tanyakan pada diri sahabat semua, sudah siap melawan COVID-19 ini atau belum? Untuk melawan Covid-19 ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah dan tenaga kesehatan aja ya.. tapi tanggung jawab semua elemen masyarakat. Sahabat bisa aja punya daya tahan tubuh yang baik. Tapi, kalau gak jaga jarak sosial, SAHABAT BISA TERTULAR JUGA. . Makanya, jangan ngotot tanya kapan Bromo dan Semeru buka lagi ya. Ikutin pesan pemerintah , jaga kesehatan dan tetap #dirumahaja yaa sampai situasi kondusif. Semoga kita sehat selalu dan segera bersua kembali. Aamiin. . Salam Lestari. . #klhk #dirjenksdae #tnbts #covid19 #bromo #tengger #semeru

Sebuah kiriman dibagikan oleh Bromo Tengger Semeru (@tnbromotenggersemeru) pada


Perpanjangan penutupan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Kepala BNPB Nomor 13.A Tahun 2020 dan telah disebarkan di platform media sosial instagram @tnbromotenggersemeru.

Sebagai bentuk sikap dalam memperhatikan masa kedaruratan bencana wabah COVID-19 hingga 29 Mei 2020. "Perpanjangan penutupan ini untuk meminimalisir dampak risiko semakin meluasnya COVID-19 di Indonesia," ungkapnya.

Tak hanya itu, dalam postingan di instagram dituliskan caption yang juga menyatakan jika penutupan area wisata itu hingga batas waktu yang belum ditentukan. Kemudian, diselipkan juga upaya imbauan kepada para wisatawan untuk menuruti kebijakan pemerintah dengan #dirumahaja sampai situasi kembali kondusif.

"Makanya, jangan ngotot tanya kapan Bromo dan Semeru buka Iagi ya. Ikutin pesan pemerintah , jaga kesehatan dan tetap #dirumahaja yaa sampai situasi kondusif. Semoga kita sehat selalu dan segera bersua kembali. Aamiin. Salam Lestari," sebagian tulisan itu.