Rendra: Minimalisir Dampak Buruk Pembangunan Itu Harus!

Oct 13, 2015 16:58
Bupati Malang, H Rendra Kresna usai rapat paripurna dengan DPRD Kabupaten Malang, Selasa (13/10/2015). (Foto: malangtimes
Bupati Malang, H Rendra Kresna usai rapat paripurna dengan DPRD Kabupaten Malang, Selasa (13/10/2015). (Foto: malangtimes

MALANGTIMES - Bupati Malang, H Rendra Kresna kembali mejelaskan bahwa setiap pembangunan yang dilakukan pasti menimbulkan dampak ataupun korban. Namun itu berlangsung tidak lama, hanya sementara. Selebihnya akan dinikmati masyarakat hingga di masa depan.

"Yang namanya pembangunan itu selalu ada yang menjadi korban, mungkin hanya malaikat yang bisa menghindari hal itu. Toh juga pembangunan itu untuk masa depan, khususnya bagi masyarakat setempat," tegas Rendra kepada MALANGTIMES usai rapat paripurna tentang Raperda desa dan lingkungan, Selasa (13/10/2015)

Dia menjelaskan bahwa pemerintah tidak mungkin menyengsarakan rakyat. "Ibarat seperti pembangunan rumah, kan minta izin terlebih dahulu kepada tetangga sekitar. Dampaknya terkena debu pembangunan, tapi setelah pembangunan kan terlihat lebih indah," katanya.

Ia mencontohkan, yang dialami warga Sokonolo. "Warga di sana sepakat satu tahun tidak bertani selama pembangunan ketika perbaikan irigasi berlangsung dan saat ini mereka merasakan manfaatnya," ungkapnya.

Yang jelas, kata dia, bahwa dalam setiap pembangunan harus ada pengorbanan terlebih dulu, yang nanti dampaknya akan dirasakan masyarakat secara langsung.

Ia menambahkan terkait dengan permasalahan proyek pembangunan Sumber Jeruk yang disoal ia menilai itu karena komunikasi yang tidak bagus. "Ada semacam informasi yang tidak lengkap di sebagian masyarakat," imbuhnya. 

Ditegaskan anggaran yang digunakan untuk melestarikan sumber air sangat besar, seperti Sumber Jeruk apalagi bantuan dari pusat tidak selalu ada setiap tahun untuk sektor pelestarian sumber tersebut. 

"Malah seharusnya sebagai warga Kabupaten harus berterimakasih dengan adanya anggaran itu," tutupnya. (*)

Topik
BUPATI MALANGH Rendra Kresna

Berita Lainnya

Berita

Terbaru