Balai Kota Malang. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)
Balai Kota Malang. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Lain pemerintah pusat, lain pula di Kota Malang. Perkembangan perihal virus Corona atau Covid-19 saat ini memang menjadi acuan yang penting. 

Jika pemerintah pusat meluncurkan covid19.go.id, sebagai informasi satu pintu mengenai penanganan Covid-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang bakal menghadirkannya dalam bentuk aplikasi 'Malang Corona Detector'.

Kabag Humas Pemkot Malang, Nur Widianto  mengatakan aplikasi tersebut rencananya didesain untuk dua hal, yakni sebagai pengumpul databased warga Kota Malang dan deteksi dini gejala Covid-19.

"Pengumpulan databases ini bagi warga Kota Malang yang beresiko terhadap Covid-19 sekaligus memudahkan melakukan tracking. Kemudian, sebagai deteksi dini atau check up mandiri oleh masyarakat, apakah dia terkena Convid 19 dan perlu melakukan tindak lanjut," jelasnya, Jumat (20/3).

Dijelaskannya, melalui aplikasi ini tujuan utamanya adalah untuk lebih memudahkan masyarakat dalam mengetahui informasi perkembangan Covid-19 di Kota Malang. Nantinya, aplikasi itu bisa didownload melalui smart phone.

"Saat ini tengah didemokan, kita masih mencermati itu. Tujuannya, untuk mempermudah masyarakat, biar masyarakat itu tahu perkembangan Covid-19 di Kota Malang," imbuhnya.

Tak hanya itu, melalui aplikasi tersebut masyarakat juga bisa melakukan konsultasi kesehatan. Apabila mengalami gejala yang sama dengan virus Corona, maka bisa langsung dihubungkan dengan petugas kesehatan.

"Iya, jadi nanti dengan aplikasi itu masyarakat secara mandiri bisa berhubungan kepada Dinas Kesehatan. Misalnya, saya mengalami kondisi seperti ini, sehingga itu menjadi langkahnya seperti apa," pungkasnya.