Masjid Sultan Agung terletak di Jl Sultan Agung, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Masjid Sultan Agung terletak di Jl Sultan Agung, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Di tengah merebaknya virus corona atau covid-19 yang terjadi di sejumlah daerah, salat jumat tetap dilaksanakan di masjid di Kota Batu. Hanya saja bagi jamaah yang datang diharapkan membawa sajadah untuk alas salat. 

“Sesuai dengan Surat Edaran dari MUI bahwa masjid yang daerah terpapar maka sebaiknya salat duhur saja. Masjid yang tidak terpapar maka tentu diperbolehkan mengadakan salat berjamaah,” ungkap Kepala Kementerian Agama Kota Batu, Nawawi.

Baca Juga : Menag Minta Tarawih Dilakukan di Rumah, Salat Id Ditiadakan, dan Halal Bihalal Online

‘Dengan demikian di Kota Batu masih melaksanakan salat Jumat. Menurut takmir masih memungkinkan. Dan kita sudah memberikan edukasi agar jamaah melakukan sesuai standart operational procedure (SOP),” tambahnya.

Yakni dengan melakukan pembersihan mulai dari penyemprotan disinfektan di setiap sudut masjid. Kemudian dengan membersihkan karpet, dan menyediakan hand sanitizer. Juga menyuguhkan air mengalir beserta sabun.

“Sehingga sebelum masuk masjid, jamaah yang datang bisa membersihkan diri terlebih dahulu. Dan kami mengimbau jamaah membawa sajadah masing-masing,” jelas Nawawi.

Selain itu ia juga mengimbau kepada khotib untuk membawakan materi tentang covid-19 yang mengedukasi para jamaah. 

“Juga khotib saya meminta membawakan materi tentang covid 19 diharapkan mengedukasi supaya lebih tenang dan khusuk saat beribadah,” ucapnya.

Menurutnya, bagi jamaah yang sedang sakit demam, batuk, disarankan untuk salat di rumah. Hal itu dilakukan sebagai upaya pencegahan covid-19.

Terpisah, Ketua PCNU Kota Batu Achmad Budiono menambahkan seluruh masjid NU tidak meniadakan salat Jumat, hanya saja dilakukan pencegahan dengan SOP yang telah diimbau.

“Sementara kalau masjid-masjid NU di Kota Batu tidak ada yang meniadakan salat Jumat,” teranya. 

Baca Juga : Wali Kota Dewanti Imbau Warganya Ibadah di Rumah

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Ketua Muhammdiyah Kota Batu Nurbani Yusuf.  “Semua masjid di Kota Batu masih melaksanakan Salat Jumat,” ujarnya.

Hanya saja, seperti di Masjid Padang Mashyar di Desa Gunungsari dilakukan pengecekan para jamaah untuk pencegahan covid-19. 

“Tadi pagi dilakukan scanning jamaah,” terang Nurbani.

Sementara itu takmir Masjid Putih, Darusshalihin, Parno Muttaqien menjelaskan salat Jumat tetap dilakukan di Masjid Putih. Tetapi dilakukan pencegahan dengan SOP yang sudah ditetapkan. 

“Di Masjid Putih tetap ada salat Jumat, kami sediakan hand sanitizer, dan kami bersihkan seluruh area masjid,” katanya.