Wakil Wali Kota Batu Punjul santoso saat diberi hand sanitizer sebagai upaya pencegahan covid 19 di Jatim park 3.
Wakil Wali Kota Batu Punjul santoso saat diberi hand sanitizer sebagai upaya pencegahan covid 19 di Jatim park 3.

MALANGTIMES - Tindakan pencegahan terhadap corona atau covid-19 terus diupayakan di berbagai daerah di Indonesia. Termasuk di Kota Batu. Demi melancarkan pencegahan bencana non-alam itu, anggaran sebesar Rp 7 miliar digelontorkan oleh Pemkot Batu.

Baca Juga : Turut Terdampak Covid-19, Pembangunan Rest Area Terminal Madyopuro Ditunda

“Anggaran itu kami lakukan sebagai upaya langkah cepat dalam penanganan wabah covid-19. Bahwa Pemkot Batu hadir untuk masyarakat,” ungkap Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso. 

Rincian anggaran itu disiapkan untuk membiayai jika terdapat warga positif terkena covid-19. Anggaranya  melalui dana alokasi khusus (DAK) fisik, non-fisik, dan cukai sejumlah Rp 2,5 miliar. Lalu anggaran untuk penanganan covid-19 sejumlah Rp 4,5 miliar di berbagai sektor.

“Meskipun demikian, kami meminta kepada masyarakat melakukan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS),” imbuh Punjul.

PHBS itu dilakukan dengan menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara makan makanan bergizi. Kemudian melakukan istirahat yang cukup dan mencuci tangan setelah beraktivitas di luar ruangan serta sebelum dan sesudah makan.

Baca Juga : Pandemi Covid-19, Revitalisasi Pasar Bunulrejo Dibatalkan

“Cuci tangan itu dilakukan dengan enam tahapan sesuai dengan standar. Jangan lupa gunakan sabun cair,” tambah pria yang juga ketua PMI Kota Batu ini.

Tidak hanya itu. Pemkot  juga mengimbau kepada umat beragama untuk senantiasa menjaga kebersihan tempat ibadah, menjaga kesehatan diri, dan menghindari kontak atau sentuhan langsung yang secara teknis dikoordinasikan oleh Kementerian Agama Kota Batu.