PMI Kabupaten Malang Unit Singosari sedang melakukan sosialisasi pencegahan covid-19 di MTs Tribakti Singosari.
PMI Kabupaten Malang Unit Singosari sedang melakukan sosialisasi pencegahan covid-19 di MTs Tribakti Singosari.

MALANGTIMES - Pencegahan dini harus dilakukan karena merupakan bagian dari kewaspadaan untuk meminimalisasi kepanikan karena menyebarnya virus corona atau covid-19. 

Hal ini juga dilakukan oleh PMI (Palang Merah Indonesia) Kabupaten Malang dengan melakukan sosialisasi pencegahan dini covid-19 di tempat-tempat publik. 

Salah satunya pada Kamis (19/3/2020) pagi, PMI Kabupaten Malang melakukan sosialisasi pencegahan covid-19 di lingkungan sekolah, yaitu di MTs Tribakti Singosari. 

Mardi selaku komandan KSR PMI Unit Kecamatan Singosari menuturkan bahwa kegiatan sosialisasi pencegahan covid-19 ini merupakab hasil dari rapat yang telah dilakukan. 

"Agenda sosialisasi dimulai setelah kami adakan rakor (rapat koordinasi) di markas PMI Kabupaten Malang pada Selasa (17/3/2020)," ucap Mardi. 

Mardi juga menjelaskan agenda Kamis ini selain menyosialisasikan pencegahan covid-19, juga terdapat pembagian masker kepada guru dan siswa. 

"Pada hari ini melakukan sosialisasi pencegahan covid-19 di MTs Tribakti Singosari yang berupa materi dan praktik tentang perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan juga ada pembagian masker gratis kepada guru dan siswa," jelasnya.



PHBS sendiri merupakan materi dan praktik cara mencuci tangan yang benar serta terdapat materi yang menerangkan mengenai berapa kali mencuci tangan yang benar dan baik. 

Mengenai pembagian masker gratis sendiri, Mardi mengungkapkan bahwa masker yang dibagikan berjumlah seratus lebih. "Untuk masker sendiri, kami membagikan 120 masker yang ditujukan kepada guru dan siswa di MTs Tribakti Singosari," ungkapnya. 

Mardi selaku perwakilan PMI Kabupaten Malang di wilayah Singosari juga menjelaskan bahwa sosialisasi pencegahan covid-19 seperti yang dilaksanakan pada hari ini sesuai permintaan dari instansi terkait atau dari masyarakat. 

Pelayanan sosialisasi pencegahan covid-19 ini ditujukan kepada semua kalangan, termasuk intansi kecamatan, desa, sekolah dan juga masyarakat umum. Tentunya kegiatan sosialisasi pencegahan covid-19 ini atas permintaan dari instansi maupun masyarakat.