Besok, Masjid Sabilillah Malang Tetap Laksanakan Ibadah Salat Jumat Berjamaah

Mar 19, 2020 12:58
Masjid Sabilillah Malang (Istimewa).
Masjid Sabilillah Malang (Istimewa).

MALANGTIMES - Masjid Sabilillah Malang akan tetap melaksanakan Shalat Jumat berjamaah, Jumat (20/3/2020) besok. Namun untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona, pihak pengelola masjid akan melakukan penyemprotan disinfektan pada Kamis (19/3/2020) selepas dhuhur.

Sekretaris Masjid Sabilillah Malang, Akhmad Farkhan saat dikonfirmasi menyampaikan, Salat Jumat akan dilaksanakan seperti biasanya. Termasuk shaf salat akan dibuat seperti biasa dan tak berjarak. Namun, jamaah yang akan mengikuti salat akan dipastikan dalam kondisi sehat.

Baca Juga : Menag Minta Tarawih Dilakukan di Rumah, Salat Id Ditiadakan, dan Halal Bihalal Online

"Kami mengimbau untuk jamaah yang dalam kondisi sakit untuk sementara melaksanakan salat di rumah. Namun untuk yang sehat bisa mengikuti salat berjamaah seperti biasa," katanya, Kamis (19/3/2020).

Dijelaskan juga jika pembersihan karpet dan penyemprotan disinfektan dilakukan dengan menggandeng pihak dari Kota Surabaya. Kondisi masjid akan dibersihkan secara total untuk memastikan agar Salat Jumat berlangsung khusyu.

Selain membersihkan masjid, dia juga mengimbau agar jamaah datang ke masjid sudah dalam kondisi suci dan bersih. Selain itu jamaah juga diimbau untuk membawa sajadah sendiri-sendiri dari rumah.

Lebih jauh dia menyampaikan jika pasca Salat Jumat akan dilaksanakan tausiah tambahan dengan materi wudhu yang baik dan benar. Tujuannya adalah mengantisipasi penyebaran virus Corona atau Covid-19. Tausiah akan disampaikan oleh Dr. KH Mustofa Alwi Shahab yang juga sekaligus sebagai Khatib Salat Jumat besok.

Sementara itu, Kabag Humas Pemkot Malang Nur Widianto menyampaikan, seluruh takmir masjid di Kota Malang telah diberikan informasi berkaitan dengan imbauan yang berdasar pada Surat Edaran yang telah ditandatangani Wali Kota Malang Sutiaji.

Baca Juga : Dua Pekan, PCNU Kabupaten Malang Lakukan Penyemprotan Disinfektan di 17 Ribu Titik

Namun apabila tetap dilaksanakan secara berjamaah, Pemkot Malang tetap berharap agar masjid melakukan persiapan dan antisipasi yang diberlakukan. Diantaranya seperti melakukan pengukuran suhu tubuh hingga cuci tangan dengan benar.

"Kami dorong agar menjalankan sesuai protokol yang ditetapkan," terang pria yang akrab disapa Wiwid itu.

 

Topik
MalangBerita Malangberita malang hari iniMasjid Sabilillah MalangAkhmad FarkhanIbadah Salat Jumat Berjamaahpenyebaran Virus Coronapenyemprotan disinfektanKabag Humas Pemkot MalangNur Widianto

Berita Lainnya

Berita

Terbaru