Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Awali Aksi Kemanusiaan, Kader dan Alumni HMI Brawijaya Turun Jalan Bagikan Masker dan Vitamin

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : A Yahya

18 - Mar - 2020, 21:22

Kader bersama Alumni HMI Brawijaya saat membagikan masker dan vitamin secara gratis ke pengendara, pada hari Rabu (18/3/2020). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTimes)
Kader bersama Alumni HMI Brawijaya saat membagikan masker dan vitamin secara gratis ke pengendara, pada hari Rabu (18/3/2020). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTimes)

MALANGTIMES - Dampak serangan virus Corona di wilayah Malang Raya menarik simpati alumni dan kader HMI Brawijaya. Mereka memutuskan untuk turun jalan mengadakan kegiatan sosial.

Kegiatan sosial dalam rangka peduli dan cegah Corona ini bertemakan, 'Sebuah Niat Baik Yang Diikhtiarkan'. Dalam kegiatan ini, terdapat pembagian beberapa alat kesehatan dan informasi mengenai virus Corona atau Covid-19.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Koorkom HMI Brawijaya, Reza Zia yang mengatakan bahwa ini adalah sebuah aksi kemanusiaan yang juga sebagai edukasi kepada masyarakat yang ada di Kota Malang.

"Kita ingin mengedukasi warga Kota Malang dengan selebaran berisikan info seputar coronavirus dan bagi-bagi masker, serta vitamin,"Ujar Reza Zia pada pewarta, Rabu (18/3/2020).

Di samping kader HMI Brawijaya yang turun jalan, ada juga KAHMI (Korps Alumni HMI) Brawijaya yang turut serta dalam pembagian masker, vitamin dan selebaran informatif mengenai virus Corona atau Covid-19. 

Edy Ortega selaku Presidium KAHMI Brawijaya mengatakan, bahwa aksi kemanusiaan ini digagas oleh para alumni dan kader HMI Brawijaya. Edy juga menuturkan bahwa aksi seperti ini masih yang pertama kali di Kota Malang dengan cara turun ke jalan langsung.

"Sepengetahuan kami, kami yang pertama. Karena begitu ada info dari Pusat bahwa Corona akan menyebar, kami langsung menyampaikan di grup alumni, untuk segera melakukan gerakan sebar masker. Kita cek belum ada komunitas lain yang melakukan itu,"Lugas Edy.

Edy juga mengungkapkan bahwa target dari aksi kemanusiaan ini yaitu menyebarkan 5.000 masker dan 1.000 vitamin kepada masyarakat Kota Malang. "Kegiatan hari ini kita bagikan masker sebanyak 5.000, vitaminnya 1.000 yang nantinya kita bikin berseri. Hari ini (18/3/2020) sekitar 1.000 - 2.000 masker," ungkapnya. 

Edy juga mengatakan bahwa besok Kamis (19/3/2020) aksi kemanusiaan ini akan terus berlanjut di beberapa titik yang ramai dilalui masyarakat. "Besok (19/3/2020) masih lanjut lagi, sasarannya di Jalan Veteran, Jalan Soekarno-Hatta dan pemukiman Betek (Mayjend Panjaitan) sama di Ketawanggede," terangnya. 

Edy memberikan alasan dipilihnya dua daerah tersebut untuk besok, dikarenakan Ketawanggede dan Betek (Mayjend Panjaitan) merupakan pemukiman di sekitar Universitas Brawijaya yang banyak berisikan anak kos dengan jarak antar rumah yang saling berhimpitan. 

Dirinya menuturkan bahwa sasaran untk  pembagian masker dan vitamin ini adalah untuk masyarakat Kota Malang dan Mahasiswa yang ada di Kota Malang. Selain pembagian di Ketawanggede dan Betek (Mayjend Panjaitan), masker dan vitamin akan di bagikan di beberapa tempat. "Selain Ketawanggede dan Betek, ada juga kita nanti bagikan di daerah Kalisongo (kampus UB 2) dan Karangbesuki, khususnya wilayah di sekitaran Kampus Universitas Brawijaya," tandasnya. 

Disinggung mengenai pendanaan untuk membeli masker dan vitamin, Edy menuturkan bahwa pendanaan itu berasal dari patungan setiap alumni dan kader HMI Brawijaya,"Mengenai dana itu kita urunan ya, yang dikumpulkan dari para alumni dan kader HMI Brawijaya, yang jelas dapat digunakan untuk membeli masker dan vitamin ini," ujarnya.

Mengenai masker yang hingga hari ini juga mengalami kelangkaan, Edy menegaskan bahwa pihaknya membeli langsung ke pabriknya. "Untuk masker kita langsung order ke pabriknya, dengan jumlah yang cukup banyak," tegasnya kepada media online ini.

 


Topik

Peristiwa malang berita-malang berita-hari-ini covid19 virus-corona update-corona dampak-corona corona-di-malang covid19-di-malang peduli-dan-cegah-Corona-i Awali-Aksi-Kemanusiaan ader-dan-Alumni-HMI-Brawijaya-Turun Bagikan-Masker-dan-Vitamin Presidium-KAHMI-Brawijaya Edy-Ortega


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

A Yahya