Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak saat melakukan kunjungan ke Bandara Abdul Rahman Saleh.
Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak saat melakukan kunjungan ke Bandara Abdul Rahman Saleh.

MALANGTIMES - Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak melakukan kunjungan ke wilayah Malang Raya. Mulai dari Kabupaten Malang, Kota Batu dan Kota Malang.

Kunjungan yang dilakukan pada hari Selasa (17/3/2020) ini untuk menindaklanjuti persiapan dalam rangka pencegahan persebaran virus Corona atau Covid-19, khususnya di tempat umum yang banyak dilalui masyarakat. 

Emil Elestianto Dardak menuturkan bahwa saat mengunjungi Bandara Abdul Rahman Saleh, pihaknya sangat mengapresiasi langkah bandara dalam pencegahan virus Corona atau Covid-19.

"Saya tadi bersama Kadishub Provinsi juga ada dari Lanud, bahwa dari (22/1/2020), Kepala Bandara menyampaikan sudah dipasang thermo scanner, jadi sebenernya sudah dari lama," kata Emil kepada pewarta.

Emil Elestianto Dardak juga menekankan untuk lebih dimatangkan kembali dalam rangka pencegahan virus Corona atau Covid-19. "Kita intensifkan lagi seperti desinfeksi atau desinfektan yang dipakai untuk kursi, kawasan lain di Bandara tadi juga sedang disemprot," bebernya.

Langkah-langkah tersebut, Emil Elestianto Dardak menyebutkan bahwa dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat luas. "Ini upaya-upaya kita berlapis untuk masyarakat agar merasa tenang saat menggunakan transportasi publik," tambahnya. 

Emil Elestianto Dardak juga mencontohkan di salah satu maskapai penerbangan yaitu Garuda Indonesia, yang telah melakukan langkah desinfektan spraying di setiap kali melakukan transit. 

Emil Elestianto Dardak juga menuturkan langkah-langkah yang diambil di beberapa pelayanan transportasi umum seperti terminal bus. "Seperti di terminal bus juga disemprot. Ini upaya berlapis untuk memberikan rasa aman. Karena arahan dari Presiden tentang pelayanan transportasi publik harus tetap berjalan dengan baik bagi masyarakat," tuturnya.

Masyarakat diimbau untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. Untuk masyarakat yang menggunakan transportasi umum akan diberikan proteksi semaksimal mungkin.