Suasana saat operasi pasar gula murah yang digelar Dikopinda Kota Malang  disalah satu kelurahan (Ist)
Suasana saat operasi pasar gula murah yang digelar Dikopinda Kota Malang disalah satu kelurahan (Ist)

MALANGTIMES - Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopinda) Kota Malang, bekerja sama dengan sebuah pabrik gula di Malang menggelar operasi pasar bahan pokok gula murah. Digelarnya operasi pasar tersebut lantaran saat ini harga di Kota Malang gula tengah naik kendati stok masih aman.

Saat ini, harga gula di pasaran mengalami kenaikan antara Rp 4000 hingga Rp 7000. Harga pasaran gula normal, berkisar antara Rp 12.000 hingga Rp 13.500. Sedangkan saat ini, harga gula di pasaran menjadi Rp 16.000 sampai dengan Rp 18.000.

Kepala Diskopinda, Kota Malang, Wahyu Setianto, melalui Kasi Pengendalian dan Pengawasan, Bidang Perdagangan, Diskopinda Kota Malang, Luh Eka Wulantari, menjelaskan, jika pihaknya saat ini memang masih mencari dan melakukan penelusuran terkait kenaikan harga gula di pasaran Kota Malang.

"Kalau stok sebenarnya masih aman. Memang  biasanya saat menjelang Ramadhan atau lebaran memang ada kenaikan. Tapi selain hal itu, apakah juga karena faktor wabah Virus Corona atau tidak kita belum tahu, makanya itu kita masih melakukan penelusuran," ungkapnya (16/3/2020).

Dalam operasi pasar gula murah tersebut, pihaknya telah melaksanakan dua kali operasi pasar.  Hal ini tentu bertujuan untuk agar harga gula tetap stabil. Untuk operasi pasar sendiri, pihaknya sengaja mengelar operasi pasar gula murah di Kantor Kelurahan.

Selain dari Diskopinda Kota Malang, dalam operasi pasar gula murah turut hadir dari unsur pihak Kepolisian. Hal ini gula melakukan pemantauan dan pengawasan agar operasi pasar gula murah benar-benar tepat sasaran kepada masyarakat sesuai kebutuhan normal.

"Kami memang sengaja mengelar di Kantor Kelurahan. Kalau di dekat pasar nantinya malah pedagang yang membeli kemudian mereka jual lagi untuk mendapatkan untung besar," jelasnya

Saat ini pihak Dikopinda Kota Malang terus berkordinasi dengan pabrik gula untuk bisa kembali menggelar operasi pasar gula murah. "Sudah kordinasi mau operasi pasar lagi, tapi masih belum tau kapan. Kita terus koordinasi dengan pabrik gula. Kita mengandeng salah satu pabrik di Malang. Ada atau pabrik lagi belum bersedia, karena alasannya stoknya hanya sampai lebaran," pungkasnya.