Bupati Malang Sanusi meminta masyarakat untuk memperbanyak shalawat Tibbil Qulub dalam suasana penyebaran Corona (Humas for MalangTimes)
Bupati Malang Sanusi meminta masyarakat untuk memperbanyak shalawat Tibbil Qulub dalam suasana penyebaran Corona (Humas for MalangTimes)

MALANGTIMES - Kembali, Bupati Malang Sanusi meminta agar masyarakat di wilayahnya untuk bersikap tenang dan tak panik dengan sebaran virus Corona saat ini.
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang mengklaim seluruh proses pencegahan telah dipersiapkan bila terjadi hal buruk yang tak diinginkan. 
Selain meminta agar masyarakat tenang serta berperilaku hidup sehat. Sanusi juga meminta ke seluruh warga di Kabupaten Malang untuk membaca Shalawat Tibbil Qulub.

"Selain berperilaku hidup sehat, saya minta sering-sering membaca sholawat tibbil qulub di dalam kesempatan apapun," kata Sanusi, Senin (16/3/2020) di acara penyerahan SK Pensiun PNS dan penandatangan prasasti peresmian gedung Dinas Perpustakaan Kabupaten Malang.

Baca Juga : Sudah Diwajibkan, Pemerintah Kabupaten Malang Bakal Bagikan 120 Ribu Masker ke Masyarakat

Shalawat thibbil qulub atau shalawat ath thibbiyyah atau shalawat Nur Al Abshar yang diminta untuk dibaca dalam setiap kesempatan ini juga pernah diinstruksikan oleh PBNU melalui surat edarannya.

Dimana PBNU meminta pengurus wilayah NU hingga Pondok Pesantren untuk membaca shalawat thibbil qulub. Dalam upaya menangkal wabah virus Corona segera teratasi dan  Indonesia dilindungi dari wabah virus tersebut. 

Sanusi sebagai kader NU pun tak lepas dari instruksi itu. Sehingga meminta juga ke masyarakat sebagai Bupati Malang untuk membaca shalawat itu di berbagai kesempatan.
Sebagai informasi, shalawat thibbil qulub ini diterangkan  dalam kitab Saadah ad Darain fi Shalat 'ala Sayyid Al Kaunnain yang ditulis oleh Syaikh Yusuf ibn Ismail yang menisbatkan shalawat tibbil qulub pada Syaikh Ad Dardir. Yakni, seorang ulama dari Mesir penggubah shalawat thibbil qulub dan dijuluki sebagai Abu Barakat atau bapaknya keberkahan.  
Shalawat ini  berisikan doa yakni memohon kepada Allah dengan bershalawat menjadi obat segala penyakit lahir dan bathin.

"Ya Allah curahkanlah rahmat kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, sebagai obat hati dan penyembuhnya, penyehat badan dan kesembuhannya dan sebagai penyinar penglihatan mata beserta cahayanya. Semoga sholawat dan salam tercurahkan pula kepada keluarga serta para shahabat-shahabatnya,".

Baca Juga : Ranking 5 Se-Jatim, Petugas Medis dan Dosen di Kabupaten Malang Ada yang Positif Covid-19

Sanusi juga berdoa agar seluruh masyarakat di Kabupaten Malang terhindar dari wabah virus Corona.
"Sekali lagi jaga pola hidup sehat. Serta  jangan lupa sering-sering membaca sholawat tibbil qulub di dalam kesempatan apapun," tandasnya.