Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat diperiksa suhu tubuh oleh petugas dengan menggunakan menggunakan termometer infrared di Jawa Timur Park 3, Minggu (15/3/2020).
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat diperiksa suhu tubuh oleh petugas dengan menggunakan menggunakan termometer infrared di Jawa Timur Park 3, Minggu (15/3/2020).

MALANGTIMES - Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko memutuskan tempat wisata di Kota Batu tetap dibuka dengan syarat melakukan Standart Operational Prosedur. Hal itu disampaikan setelah melakukan rapat bersama pelaku usaha pariwisata di Kota Batu, pada Sabtu (14/3/2020).

Baca Juga : Kabar Baik, Satu Pasien Positif Covid19 Tulungagung Dinyatakan Sembuh

Atas keputusannya tersebut, Dewanti melaukan tinjauan ke sejumlah tempat wisata pada Minggu (15/3/2020). Dewanti didampingi Wakil Wali Kota Batu Punjul Santuso, Sekretaris Daerah Kota Batu Zadiem Effesiensi, pelaksana tugas (plt) Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Imam Suryono.

Salah satu yang dikunjungi adalah Jawa Timur Park 3. Di objek wisata yang banyak perhatian wisatawan ini, Dewanti memantau petugas melakukan penyemprotan cairan disenfektan. Cairan itu digunakan untuk membersihkan dan membunuh kuman di setiap sudut yang ada di tempat wisata tersebut. Kemudian setiap masuk dalam wahana terlebih dahulu diberi hand sanitizer.

Usai diberikan hand sanitizer juga dilakukan pengecekan suhu tubuh dengan menggunakan termometer infrared. 

Antisipasi itu, tentunya membuat orang nomor satu itu cukup lega, karena di tempat wisata itu sudah menerapkan sesuai dengan SOP.

“Setelah Sabtu saya bertemu dengan pelaku wisata meminta untuk tetap berjalan aktivitas seperti biasa di tempat wisata. Tapi juga harus menerapkan sesuai dengan SOP, dan alhamdulillah tetap menjaga kesehatan,” ucapnya.

Baca Juga : Kota Batu Siapkan 3 Shelter Isolasi Covid-19, Anggarannya Rp 1,3 Miliar

“Seperti di Jatim Park ini setiap saat dilakukan penyemprotan disinfektan dan pemerikasaan suhu. Dengan demikian semua tempat wisata peduli dan mengantisipasi,” jelas istri Eddy Rumpoko ini.

Sebelumnya Dewanti mengintruksikan kepada semua destinasi wisata di Kota Batu untuk melakukan SOP agar terhindar dari virus corona. Melihat kasus virus corona itu terus bertambah di Indonesia.

“Alhamdulillah semua tempat wisata sudah menerapkan SOP. Berarti memang sudah memperhatikan dengan  instruksi yang diberikan,” tutupnya.