Wakil MPR RI Ahmad Bashara saat memegang batu bata temuan situs di Dusun Pendem, Desa Pendem, Kecamatan Junrejo, Minggu (15/3/2020).
Wakil MPR RI Ahmad Bashara saat memegang batu bata temuan situs di Dusun Pendem, Desa Pendem, Kecamatan Junrejo, Minggu (15/3/2020).

MALANGTIMES - Wakil Ketua MPR RI Ahmad Bashara rupanya tertarik dengan adanya penemuan situs di Dusun Pendem, Desa Pendem, Kecamatan Junrejo. Kali ini Ahmad Bashara langsung meninjau temuan situs tersebut, Minggu (15/3/2020).

Bashara didampingi oleh Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, Wakil Wali Kota Batu Punjul Santuso, Sekretaris Daerah Kota Batu Zadim Effesiensi dan Camat Junrejo Arief Rachman Ardyasana. Di sana Bashara melihat setiap sudut area penemuan situs tersebut.

Baca Juga : Viral Video Warga Beri Semangat kepada Pasien Positif Covid-19

Bahkan ia juga melihat, memegang, dan mengangkat bata peninggalan zaman kerajaan tersebut. “Temuan-temuan seperti ini harus dilaporkan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur,” ucapnya.

Penemuan itu harus dilaporkan agar dilakukan penulisan ulang sejarah untuk kepentingan nasional. Sehingga ke depan masyarakat bisa mengetahui sejarah dan peradaban pada masa lalu khususnya di Kota Batu.

“Penting, sebuah sejarah yang baru ditemukan itu ditulis kembali menjadi arsip. Kemudian agar masyarakat tahu sejarahnya bagaimana,” jelas pria kelahiran Jakarta ini.

Ia pun berharap ke depan dengan adanya penemuan situs candi purbakala yang ada di Kecamatan Junrejo bisa menjadi salah satu wisata desa yang ada di Desa Pendem. Sebab ini menjadi peluang sebagai wisata edukasi.

Sedang penemuan situs itu sudah dilakukan eskavasi ke tiga kalinya oleh Tim Arkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan Jawa Timur, berhasil menemukan sumuran di tengah situs Pendem. Dengan ditemukannya sumuran di sana, menguatkan prediksi bahwa situs Pendem merupakan peninggalan dari kerajaan Mataram Kuno abad 9.

Baca Juga : Mokong Keluyuran Malam Hari, Warga Jalani Rapid Test Covid-19 di Tempat

Penemuan itu mengacu dari stuktur batu bata yang tebal dan letaknya yang dekat prasasti Sangguran.

Penemuan sumuran tepat di tengah situs Pendem berbentuk segi empat itu berukuran lebar dan tinggi 210 centimeter x 210 centimeter, dan tebal 9 centimeter pada Sabtu (15/2/2020). Dengan kedalaman 12 sap, ditambah penataan batu bata.