Permasalahan Listrik Hingga Masalah Baju Laundry Bisa Diadukan ke BPSK Lho

Mar 14, 2020 13:33
Ilustrasi kehilangan baju laundry (ayobandungdotcom)
Ilustrasi kehilangan baju laundry (ayobandungdotcom)

MALANGTIMES - Konsumen yang memiliki permasalahan dirugikan oleh pelaku usaha, bisa melapor ke Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK). Mulai dari permasalahan asuransi, finance hingga permasalahan baju laundry bisa melaporkan kejadian tersebut.

Ketua BPSK Kota Malang, Luh Eka Wulantari, membenarkan, setiap konsumen atau pengguna jasa yang merasa dirugikan oleh pelaku usaha maupun penyedia jasa, bisa melapor ke BPSK.

Baca Juga : Pertama Kalinya di Malang Ada Studio Apartemen Luas Harga Termurah Hanya di Kalindra

"Termasuk masalah laundry. Jika konsumen dirugikan seperti misalnya kehilangan baju atau bajunya rusak bisa mengadu, tentu akan kita bantu fasilitasi untuk mediasi menemukan jalan keluar," bebernya (13/3/2020).

Untuk masalah laundry, memang pernah sekali BPSK Kota Malang menangani permasalahan tersebut. Saat itu ada mahasiswa yang bajunya hilang saat dilaundry, sehingga mahasiswa tersebut kemudian meminta ganti rugi kepada pihak laundry.

"Pernah ada tapi sudah lama. Ya masalah laundry, pakaiannya hilang minta ganti rugi ke pengusaha laundrynya," bebernya.

Saat itu, ketika meminta ganti rugi kepada pihak laundry, konsumen ini hanya diberi ganti rugi Rp 50 ribu. Karena dirasa tak sepadan dengan jumlah sekitar tujuh baju yang hilang, konsumen tersebut menolak dan melapor ke BPSK Kota Malang.

Baca Juga : Tips Aman Ambil Uang di Mesin ATM Saat Pandemi Covid-19

Setelah melaporkan ke BPSK Kota Malang, kemudian langsung kami tindak lanjuti, dengan memanggil pihak-pihak yang bersangkutan untuk mediasi. Dalam mediasi pertama pihak konsumen mengajukan ganti rugi Rp 500 ribu. Namun saat itu, pihak laundry hanya sanggup mengganti dengan uang Rp 150 ribu.

Karena tak ada kesepakatan, ahkirnya mediasi berlanjut untuk kedua kalinya. Saat mediasi yang kedua, baru terdapat kesepakatan dari kedua belah pihak. Saat itu pihak laundry menyanggupi untuk mengganti rugi sebesar Rp 200 ribu. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
MalangBerita Malangmalang hari iniBPSK Kota MalangKasus pencurian baju laundry di MalangPermasalahan baju laundry di MalangKetua BPSK Kota Malang Luh Eka Wulantari

Berita Lainnya

Berita

Terbaru