Petugas saat melakukan asesmen material kubah dan atap masjid yang roboh akibat tersambar petir. (Foto : Polsek Jabung for MalangTIMES)
Petugas saat melakukan asesmen material kubah dan atap masjid yang roboh akibat tersambar petir. (Foto : Polsek Jabung for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Masyarakat di kawasan Dusun Magersari, Desa Kemiri, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, dibuat gempar. Pasalnya, masjid yang biasanya digunakan warga untuk salat berjamaah porak-poranda lantaran tersambar petir, Jumat (13/3/2020) sore.

Berdasarkan laporan yang diterima kepolisian, tempat ibadah yang rusak akibat tersambar petir tersebut adalah Masjid Sabil Ikrom. ”Tidak ada korban jiwa. Saat kejadian, di dalam masjid sedang kosong tidak ada jamaah,” kata Kapolsek Jabung AKP Syamsul Hidayat.

Baca Juga : Viral Video Warga Beri Semangat kepada Pasien Positif Covid-19

Diperoleh keterangan, sejak siang hari, hujan deras memang terjadi di Jabung. Beberapa jam kemudian, tepatnya sekitar pukul 14.00 WIB, hujan dengan intensitas tinggi tersebut dibarengi kilatan petir.

Tidak lama setelah itu, terdengar suara ledakan yang bersumber dari Masjid Sabil Ikrom. Setelah didatangi warga, kondisi masjid yang berlokasi di Dusun Magersari tersebut sudah mengalami kerusakan di bagian atap.

”Rusaknya bangunan masjid ini akibat kubahnya roboh usai tersambar petir. Kubah masjid di lokasi kejadian itu memang terbuat dari logam sehingga mudah tersambar petir,” terang Syamsul.

Bangunan penyangga kubah tersebut, lanjut Syamsul,  roboh sesaat setelah tersambar petir. Tercatat hampir seluruh bagian masjid mengalami kerusakan. Hanya, yang terparah adalah atap tempat wudlu.

”Anggota masih di lapangan, informasinya kerugian ditaksir mencapai Rp 20 juta,” ungkap mantan kasat reskoba Polres Malang itu.

Baca Juga : Mokong Keluyuran Malam Hari, Warga Jalani Rapid Test Covid-19 di Tempat

Sekitar 30 menit setelah kejadian tersebut, petugas gabungan dari Polsek Jabung, BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Malang,  PMI (Palang Merah Indonesia) Kabupaten Malang, Muspika Kecamatan Jabung, dan para relawan dikerahkan ke lokasi kejadian.

”Petugas gabungan beserta warga dan pengurus masjid masih melakukan kerja bakti untuk membersihkan material bangunan yang roboh. Siituasi terpantau sudah mulai kondusif,” kata Syamsul.