Dirugikan Pelaku Usaha, Konsumen Jatim Bisa Mengadu ke BPSK Kota Malang

Mar 13, 2020 16:07
Suasana sidang penyelesaian sengketa konsumen BPSK Kota Malang (Ist)
Suasana sidang penyelesaian sengketa konsumen BPSK Kota Malang (Ist)

MALANGTIMES - Masyarakat, khususnya para konsumen yang ada di Jawa Timur dan sedang mengalami permasalahan dengan pekaku usaha, bisa melakukan pengaduan ke Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Malang.

Hal itu dikarenakan BPSK yang tersebar di Jawa Timur, saat ini yang satu-satunya masih aktif adalah BSPK Kota Malang. Itu sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Kementerian Perdagangan (Kemendag) SK BPSK Kota Malang masih aktif dan akan habis pada 2021.

Baca Juga : Pertama Kalinya di Malang Ada Studio Apartemen Luas Harga Termurah Hanya di Kalindra

Sedangkan beberapa BPSK seperti di Bojonegoro, BPSK Jember dan BPSK Kediri telah habis masa berlaku SK-nya dan saat ini baru saja melakukan penyeleksian anggota BPSK dan belum dilakukan pelantikan serta masih diusulkan untuk mendapatkan SK.

"Kalau BPSK Surabaya masih vacum karena unsur PNS nya tidak dapat izin dari wali kota, karena sudah beralih ke provinsi. Sehingga satu-satunya yang aktif adalah Malang,"  jelas Luh Eka Wulantari, Ketua BPSK Kota Malang (13/3/2020).

Sehingga dengan menjadi satu-satunya BPSK yang aktif, BPSK Kota Malang banyak sekali menerima pengaduan dari para konsumen khususnya bagi mereka yang luar kota.

"Kebanyakan pengaduan masalah dari luar Malang yang banyak ya terkait masalah asuransi, finance atau masalah perumahan. Jadi wilayahnya nggak hanya Malang Raya saja, yang dari Kediri maupun daerah sekitar bisa mengadukan ke sini," jelasnya.

Mengenai jumlah banyaknya pengaduan konsumen dari berbagai daerah di BPSK Kota Malang, pihaknya belum bisa memastikan. Namun pihaknya menjelaskan jika intensitas sidang di BPSK Kota Malang dalam seminggu sekali meningkat.

Baca Juga : Tips Aman Ambil Uang di Mesin ATM Saat Pandemi Covid-19

"Kalau jumlahnya belum hafal. Tapi kita dalam seminggu saja sidang bisa sampai dua sampai tiga kali. Makanya kita juga bagi tiga tim untuk melakukan sidang karena banyaknya laporan. Seperti hari ini (13/3/2020) BPSK Kota Malang baru saja melakukan sidang terkait kasus konsumen PLN yang merasa dirugikan. Minggu depannya juga ada sidang lagi," pungkasnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
MalangBerita Malangmalang hari iniBPSK Kota MalangSidang sengketa konsumen di MalangKementerian Perdagangan Kota MalangBPSK Surabaya

Berita Lainnya

Berita

Terbaru