Barang bukti sepeda motor yang diduga hasil curian saat diamankan petugas kepolisian dari tangan komplotan spesialis curanmor (Foto : Humas Polres Malang for MalangTIMES)
Barang bukti sepeda motor yang diduga hasil curian saat diamankan petugas kepolisian dari tangan komplotan spesialis curanmor (Foto : Humas Polres Malang for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Setelah hampir 1 tahun menjadi buronan polisi. Dua pelaku spesialis pencurian kendaraan bermotor (Curanmor), berhasil diringkus anggota Buser (Buru Sergap) Satreskrim Polres Malang.

Berdasarkan laporan kepolisian, dua orang tersangka yang baru saja diamankan polisi ini bernama Irfan Fauzi warga Desa Wadung, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang dan Ahmad Jaka warga Dusun Boro Terongdowo, Desa Tirtomoyo, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang.

”Kedua tersangka yang baru diamankan ini merupakan pelaku kejahatan spesialis curanmor, kasusnya hingga kini masih dalam pengembangan polisi,” kata Kasubbag Humas Polres Malang, Ipda Nining Husumawati, Kamis (12/3/2020).

Terbaru, komplotan pencurian yang beranggotakan dua orang ini menyasar sepeda motor yang terparkir di belakang warung makan, yang ada di kawasan Pabrik Gula Kerebet, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang.

Aksi pencurian itu terjadi pada 14 Mei 2019 lalu. Diduga kuat, pelaku melancarkan aksinya saat dini hari. 

Dimana, satu orang tersangka bertugas sebagai eksekutor. 

Sedangkan satu pelaku lainnya memastikan situasi aman saat seorang rekannya melancarkan aksi pencurian.

”Dari keterangan korban, kendaraannya dipastikan sudah dalam kondisi stir terkunci saat parkir. Diduga kuat kedua tersangka merusak kontak kendaraan dengan menggunakan kunci T,” ungkap Nining.

Usai mendapatkan barang curian, lanjut Nining, keduanya bergegas kabur meninggalkan lokasi kejadian. 

Peristiwa ini sendiri baru diketahui korban pada pagi harinya, tepatnya sekitar pukul 05.00 WIB.

Ketika itu, korban yang menyadari jika sepeda motornya telah dicuri bergegas melaporkannya ke pihak kepolisian. 

Setahun berselang, polisi yang melakukan penyelidikan mendapat keterangan jika tersangka pencurian di wilayah Kecamatan Bululawang tersebut, mengarah kepada Irfan Fauzi dan Ahmad Jaka.

”Kedua tersangka kami amankan di lokasi berbeda, semula yang kami tangkap adalah tersangka IF (Irfan Fauzi), kemudian kami kembangkan dan berhasil mengamankan tersangka AJ (Ahmad Jaka),” terang Nining.

Dijelaskan Nining, tersangka Irfan berhasil diamankan polisi pada Rabu (11/3/2020) petang, sekitar pukul 17.00 WIB. 

Saat itu pria 22 tahun tersebut diringkus petugas ketika yang bersangkutan sedang berada di kawasan Jalan Raya Dampit, Kec Dampit, Kabupaten Malang.

Pada hari yang sama, polisi kemudian melakukan pengembangan dan berhasil mengamankan tersangka Ahmad. 

Pria 24 tahun itu diringkus petugas ditempat persembunyiannya yang ada di Desa Dengkol, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

”Terhadap kedua tersangka kami jerat pasal 363 KUHP, tentang tindak pidana pencurian sepeda motor (curanmor),” ujar Nining.

Selain mengamankan kedua tersangka, polisi juga menyita barang bukti berupa satu unit sepeda motor Vario yang diduga merupakan hasil curian. 

”Kasusnya masih dalam proses penyidikan, diduga kuat kedua tersangka sudah sering melancarkan aksi serupa (curanmor) di beberapa TKP lainnya,” tutup Nining.