Menyikapi Instruksi PBNU, PCNU Kabupaten Malang Peringati Harlah dengan Istighotsah dan Doa Bersama

Mar 12, 2020 08:20
Ketua PCNU Kabupaten Malang, dr. Umar Usman saat memberikan sambutan pada acara Istighotsah Akbar dan Doa Bersama di Kantor PCNU Kabupaten Malang di Kepanjen. (Foto: Umar Usman for MalangTimes)
Ketua PCNU Kabupaten Malang, dr. Umar Usman saat memberikan sambutan pada acara Istighotsah Akbar dan Doa Bersama di Kantor PCNU Kabupaten Malang di Kepanjen. (Foto: Umar Usman for MalangTimes)

MALANGTIMES - MALANGTIMES - Minggu (3/3/2020) lalu, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengeluarkan surat instruksi dan anjuran agar semua tingkatan jajaran pengurus Nahdlatul Ulama (NU) di seluruh Indonesia menggelar istighotsah serta membaca qunut nazilah untuk mengantisipasi persebaran virus Corona atau Covid-19.

Instruksi ini di respon oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Malang yang pada hari Rabu (11/3/2020) menggelar Istighotsah Akbar bertempat di Kepanjen, kantor PCNU Kabupaten Malang.

Baca Juga : Kisah Lucu Umar bin Khattab Protes Kebijakan Mualaf yang Pimpin Peperangan

Ketua PCNU Kabupaten Malang Umar Usman menuturkan bahwa agenda Istighotsah Akbar ini selain melanjutkan instruksi dari PBNU, juga sebagai peringatan Hari Lahir NU sesuai kalender hijriah.

"Dalam rangka Hari Lahir NU yang ke-97 dengan kalender Hijriah," tuturnya kepada pewarta, Rabu (11/3/2020) malam.

Dalam kegiatan yang digelar oleh PCNU Kabupaten Malang ini mengusung tema 'Kemandirian Nahdlatul Ulama Untuk Kemaslahatan Umat' yang harapannya dengan adanya tema ini semua warga Nahdliyin dapat bermanfaat untuk kemaslahatan umat.

Kegiatan Istighotsah Akbar dan Doa bersama yang dimulai sekitar pukul 13.00 WIB ini adalah upaya dari PCNU Kabupaten Malang agar Indonesia selalu sehat dan terhindar dari bencana kesehatan atau yang lainnya. 

Karena semakin hari, pasien positif terserang virus Corona atau Covid-19 semakin banyak jumlahnya di Indonesia. "Jadi selain upaya menjaga kesehatan badan, juga diimbangi dengan kekuatan Doa kepada Sang Pencipta, Allaah Subhanahuwata'ala," sebutnya.

Kegiatan Istighotsah Akbar dan Doa Bersama ini juga dihadiri para sesepuh tokoh Nahdlatul Ulama. Di antaranya KH. Marzuki Mustamar (Ketua PWNU Jatim), jajaran Mustasyar, jajaran Syuriah dan juga jajaran Tanfidziah PCNU Kabupaten Malang.

Dalam kegiatan yang diikuti oleh hampir 1.000 jamaah ini juga diisi dengan mengaji kitab sambutan dari Ketua PCNU Kabupaten Malang, sambutan Bupati Malang, serta tausiah dari Ketua PWNU Jawa Timur KH. Marzuki Mustamar yang juga memiliki pondok pesantren di daerah Gasek, Kota Malang.

Baca Juga : Menag Minta Tarawih Dilakukan di Rumah, Salat Id Ditiadakan, dan Halal Bihalal Online

Umar menambahkan para jamaah Istighotsah Akbar pada kali ini yang bertempat di kantor PCNU Kabupaten Malang diperkirakan mencapai 1.000 jamaah. Hal ini juga menandakan sebuah kebangkitan NU.

"Begitu banyak yang hadir, pertanda NU semakin bangkit," ungkap Umar.

Terkait kegiatan ini, saat ditanya mengenai ada deklarasi dukungan untuk Pilkada Kabupaten Malang 2020, Umar menegaskan. "Tidak ada mas," tegasnya.

 

Topik
malang berita malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru