Operasional Exit Tol Madyopuro Sulit Terwujud Akhir Maret Ini, Apa Sebabnya?

Mar 11, 2020 18:40
Bangunan cucian mobil yang menjadi salah satu kendala urung beroperasinya Tol Exit Madyopuro (Pipit Anggraeni/MalangTIMES)
Bangunan cucian mobil yang menjadi salah satu kendala urung beroperasinya Tol Exit Madyopuro (Pipit Anggraeni/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Progress finishing exit tol seksi V Madyopuro, Tol Mapan (Malang-Pandaan) urung menemui titik terang untuk segera dioperasikan. Target-target yang dijanjikan, masih terus mundur.

Teranyar, akhir Maret 2020 ini akses exit tol seksi V penghubung wilayah Pakis-Malang itu ditargetkan akan beroperasi. Namun, upaya-upaya penyelesaian berbagai persoalan pembangunan ini seakan masih jalan di tempat.

Salah satunya, pada pembebasan lahan bangunan cucian mobil yang berdekatan dengan pintu exit Tol Madyopuro yang urung dilaksanakan.

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan, tim appraisal yang menghitung besaran tali asih atau santunan untuk pemilik bangunan sudah selesai. Hanya saja, ia masih belum bersedia membeberkan berapa jumlah ganti rugi itu akan diberikan.

Meski begitu, ia memastikan hasil jumlah penghitungan santunan itu bakal segera disampaikan kepada pemilik bangunan dalam pekan ini.

"Iya, insya Allah (Tol Madyopuro akhir Maret beroperasi). Appraisal sudah, tinggal nunggu dasar hukumnya. Besarannya, itu domainnya tim appraisal," ujarnya.

Saat ini, dijelaskannya pihak Kelurahan dan Kecamatan diminta memberikan surat pernyataan kepada pemilik lahan. Hal itu berkaitan dengan lamanya si pemilik yang menempati area lebih dari 10 tahun.

"Lurah dan Kecamatan harus memberikan pernyataan bahwa pemilik lahan sudah menguasai tempat lebih dari 10 tahun. Baru nanti diinformasikan perihal santunan itu," jelasnya. 

Kendala lainnya, yakni perihal pelebaran jalan yang belum juga dilakukan pengerjaannya hingga saat ini. Seperti, di kawasan Sawojajar dan Sulfat. Kemudian, proyek jalan tembus dari Jalal Danau Jonge hingga kawasan Sulfat yang rencananya bakal dilakukan sepanjang 2 kilometer. Namun, pihaknya memastikan semua kendala itu akan tetap diprioritaskan. 

"Ya, itu dengan sendirinya nanti. Di 2020 tentu akan menyertai itu, semua sudah masuk program kerja. Beriringan dengan itu (proses pengerjannya)," tandasnya.

Topik
MalangBerita Malangexit tol madyopurofinishing exit tol seksi VTol Malang Pandaantol MapanPembebasan Lahanbangunan cucian mobilWali Kota MalangSutiaji

Berita Lainnya

Berita

Terbaru