Gaya busana Billie Eilish mendobrak citra seksualitas para pesohor panggung. (Ig billieeilish)
Gaya busana Billie Eilish mendobrak citra seksualitas para pesohor panggung. (Ig billieeilish)

MALANGTIMES - Billie Eilish Pirate Baird O'Connell atau dikenal dengan Billie Eilish, merupakan artis panggung bertalenta kelahiran 18 Desember 2001, Los Angeles, California, Amerika Serikat. Namun tidak seperti penyanyi-penyanyi wanita lain yang masih banyak mengumbar kecantikan dan lekuk tubuh sensual, Billie Eilish justru punya gaya tersendiri.

Billie Eilish bukanlah penyanyi yang dibayangkan akan tampil 'semi bugil' di atas panggung musik hanya untuk mencari sensasi.

Baca Juga : Superman Kids Ada di Dunia Nyata, Ada yang Bisa Nandingi?

Alih-alih meniru tampilan para seniornya di industri musik, Billie dengan sadar memilih gaya busana berbeda. Baju kedodoran atau oversized, baggy, hingga pakaian kasual, menjadi identitasnya. Ditambah lagi dengan lagu-lagu bernuansa gelap yang kerap dia bawakan.

Meski tak umbar keseksian, talenta Billie Eilish mendapat pengakuan. Di ajang Grammy Award 2020, Billie yang memborong 4 piala, yaitu dalam kategori Best New Artist, Album of the Year, Song of the Year, dan Record of the Year. 

Saat menghadiri acara bergengsi itu, kembali tak tampak gaun glamor atau dress seksi di tubuh Billie. Dia hadir menggunakan kemeja dan celana berwarna hijau neon. 

Pilihan berbusana Billie, awalnya didasarkan dengan keinginannya, bahwa dia tak ingin dunia mengetahui segala hal terkait dirinya. Pilihan berbusana Billie lantas menjadi wacana publik terkait identitas wanita dalam berbusana yang tak hanya tunduk pada industri dan keinginan mata para lelaki.

"Dengan pakaian kedodoran, maka tak ada yang bisa mengintip lekuk tubuh saya dan kemudian memiliki opini bebas tentang saya," ucap Billie. 

Baca Juga : Jejak Sejarah Ketupat, Dari Era Hindu-Budha Hingga Jadi Bagian Tradisi Muslim di Indonesia

terkait 
"Meski Anda belum pernah melihat tubuh saya, Anda masih menilainya dan menilai saya untuk itu. Mengapa ?"ujarnya seperti dilansir akun Instagram Buzzfeed, Rabu (11/3/2020).
Melalui sikap dan pilihannya itu pula, maka jangan harapkan Billie hanya berbikini di atas punggung seperti para seniornya. Seperti yang disampaikannya sendiri terkait dirinya yang dikutip dari Kaplan, Ilana (March 16, 2017). "Pop Newcomer Billie Eilish Wants to Make Sure You Never Forget Her,".
"Saya benar-benar berbeda dari banyak orang, dan saya berusaha untuk menjadi seperti itu. Saya tidak suka mengikuti aturan sama sekali. [...] Jika seseorang mulai mengenakan sesuatu dengan cara tertentu, saya akan mengenakan kebalikannya. Saya selalu memakai apa yang saya inginkan dan selalu mengatakan apa yang ingin saya katakan. Saya pikir saya telah membuktikan kepada orang-orang bahwa saya lebih penting daripada yang mereka pikirkan," ucap Billie terkait dirinya.
Maka, para penggemar Billie, cukuplah untuk menikmati Lengkong suara gelap dan dalamnya lirik lagu yang didendangkan. Plus tentunya dengan segala perbedaan busana dan gaya nyentriknya yang tak ingin diatur dan disamakan dengan yang lainnya.
Maka tak heran, kalau kaos over sized yangvhampir menyerupai dress panjang menjadi busana favoritnya. Warna-warna neon yang mencolok dan moral serta dihindari kaum sejenisnya, juga menjadi pilihan Billie untuk menguatkan eksistensinya.