UIN Malang menjalin MoU dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI). (Foto: istimewa)
UIN Malang menjalin MoU dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI). (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki/UIN Malang) semakin memantapkan kualitas Fakultas Kedokteran yang juga memiliki bidang penanganan spesifik haji dan umroh.

Pagi tadi (Selasa, 10/3/2020), kampus yang berlogo Ulul Albab ini menjalin MoU dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) di Lt.5 Rektorat Gedung Soekarno. Hal ini juga dilakukan untuk memperkuat UIN Malang sebagai "Smart University".

Baca Juga : Ungkapan Mahasiswa Asing UIN Malang yang Terisolasi di Kampus

 

Rektor UIN Malang Prof Abdul Haris MAg dalam sambutannya berharap dengan adanya jalinan kerjasama dengan IDI ini dapat membantu meningkatkan kualitas SDM Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) yang ada di UIN Malang.

"Ke depan kerja sama ini untuk memperkuat kedokteran haji yang menjadi prioritas utama UIN Malang agar menjadi lebih baik lagi," ucap dia.

Orang nomor wahid di UIN Malang itu menyampaikan, tahun ini UIN Malang sedang dalam proses pendirian rumah sakit di Kota Batu. Nah, dengan adanya MoU dengan IDI, diharapkan dapat membantu memperlancar pembangunan pendirian rumah sakit di Kampus 2 UIN Malang.

Sementara itu, Ketua Umum IDI dr Daeng M Faqih SH MH sangat mengapresiasi perkembangan kampus UIN Malang, terutama dengan adanya pendidikan kedokteran haji.

"Harapannya ke depan, dengan adanya kerjasama ini dapat membantu kualitas pendidikan kedokteran yang ada di UIN Malang," kata dia.

Baca Juga : Masih Siaga Covid-19, UB Mudahkan Proses Daftar Ulang Mahasiswa Baru

 

Untuk diketahui, UIN Malang, khususnya FKIK, memiliki visi untuk menghasilkan dokter yang memiliki kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional serta memiliki keunggulan ilmu kedokteran wisata khususnya haji.

Keunggulan di bidang kesehatan haji ini didasari pada tujuan untuk mendukung upaya peningkatan pelayanan kesehatan jama’ah haji dan umroh.