Wakil Rektor I Dr. Sudi Dul Aji, M.Si (paling kiri), Kepala Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Ali Ismail, M.Pd(paling kanan), saat melakukan kunjungan ke salah satu sekolah di Malang Raya (Ist)
Wakil Rektor I Dr. Sudi Dul Aji, M.Si (paling kiri), Kepala Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Ali Ismail, M.Pd(paling kanan), saat melakukan kunjungan ke salah satu sekolah di Malang Raya (Ist)

MALANGTIMES - MALANGTIMES - Menjalin silaturahmi sekaligus mengenalkan Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) sebagai Kampus Multikultural yang unggul, jajaran pejabat struktural Unikama mengunjungi beberapa sekolah yang ada di kawasan Malang Raya.

Diwakili oleh Wakil Rektor I Dr. Sudi Dul Aji, M.Si, Kepala Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Ali Ismail, M.Pd dan Kepala Humas Retno Wulandari, SE., M.SA, tiga sekolah, yakni SMK PGRI 3 Malang, SMKN 1 Batu dan SMKN 2 Batu dikunjungi pejabat Unikama.

Baca Juga : Belajar dari Rumah Lewat TVRI Mulai Hari Ini, Intip Jadwalnya Yuk!

Dalam kunjungan tersebut, selain menjalin silaturahmi dan melakukan branding tentang Unikama dengan pendekatan instansi maupun internal, mereka juga melakukan pembahasan mengenai sistem atau kebijakan pendidikan.

“Tujuan kami kunjungan adalah menjalin silaturahmi serta ingin mengenalkan Unikama kepada siswa agar mereka mengenal dan tahu tentang Unikama. Selain itu, kami juga bertukar pikiran tentang cara branding suatu instansi agar lebih dikenal oleh masyarakat dan berdiskusi tentang kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang baru tentang Kampus Merdeka jika dihubungkan dengan sekolah khususnya pada sekolah kejuruan," ungkap Dr. Sudi Dul Aji, M.Si.

Lanjutnya, sistem pendidikan memang sudah seharusnya mematuhi aturan yang sudah ditetapkan oleh menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, sebagai perguruan tinggi yang siap mendidik mahasiswanya, Unikama ingin mengetahui sistem yang sudah diterapkan di bangku SMK, sehingga Unikama bisa menyesuaikan dan mengembangkan ilmu yang didapat oleh siswa sebelumnya.

Dari sambang pejabat Unikama ke sekolah-sekolah tersebut, akan ditindaklanjuti dengan adanya jalinan kerja sama dengan pihak sekolah-sekolah agar bisa saling menguntungkan, utamanya bagi Unikama dalam penerimaan mahasiswa baru maupun saling tukar pengetahuan atau informasi.

“Rencananya Unikama juga ingin mengajak kerja sama dengan sekolah yang ada di Kota Malang, khususnya SMK, karena ini akan sangat menguntungkan bagi kedua belah pihak. Mereka bisa mengirimkan siswanya untuk melakukan Praktik Kerja Industri (Prakerin) dan sebaliknya, mahasiswa kami dapat melakukan program praktek mengajar di sekolah,” tambahnya.

Adanya kunjungan ini, mendapat sambutan hangat dari para pihak-pihak sekolah. Seperti salah satunya adalah Drs. Murdiyanto selaku Wakil Kepala Sekolah SMK PGRI 3 Malang.

Baca Juga : Cegah Covid 19 Pada Lansia dan Anak-Anak, Pemkot Batu Akan Beri Tambahan Nutrisi

Unikama dinilai merupakan salah satu kampus swasta yang cukup besar dengan banyaknya prestasi yang diraih selama ini baik tingkat daerah hingga tingkat nasional. Selain itu ia juga menilai jika langkah branding yang dilakukan Unikama dengan menyasar langsung tujuan adalah hal yang tepat.  

Selain itu, Unikama juga menyediakan program-program yang menang sesuai dengan kebutuhan masyarakat maupun sesuai dengan kebutuhan lapangan kerja bagi mereka yang telah lulus.

“Saat saya masih di Bidang Kesiswaan dulu sekitar tiga atau empat tahun yang lalu, kami pernah menjadikan Unikama sebagai tempat Masa Orientasi Siswa (MOS). Karena tempatnya sangat strategis, transportasi mudah ditemukan dan banyak sekali sekolah-sekolah baik tingkat SMP/Mts dan SMA/K yang ada di sekitarnya," jelasnya.