Kerahkan Seribu Personel, Polres Malang Panen Miras Jelang Laga Arema Menjamu Persib

Mar 06, 2020 21:09
Barang bukti miras yang disita Polres Malang saat dimusnahkan (Foto : Dokumen MalangTIMES)
Barang bukti miras yang disita Polres Malang saat dimusnahkan (Foto : Dokumen MalangTIMES)

MALANGTIMES - Pengamankan ekstra dilakukan jelang laga kandang Arema FC menghadapi Persib Bandung di Stadion Kanjuruhan, Minggu (8/3/2020) mendatang.

Dalam laga kali ini, akan ada 1.800 personel yang dikerahkan untuk melakukan pengamanan. "Personelnya gabungan berasal dari Polres Malang, Brimob, dan Polres Jajaran yang ada di Wilayah Polda Jatim," Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar.

Baca Juga : Kontroversi, Prestasi, hingga Mundurnya Ratu Tisha dari Sekjen PSSI

Hendri menjelaskan, seribu lebih personel gabungan ini akan melakukan pengamanan baik dari dalam Stadion Kanjuruhan, maupun di luar stadion yang berlokasi di Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang tersebut.

”Selain melakukan pengamanan saat laga berlangsung, anggota juga sudah diinstruksikan untuk melakukan razia miras (minuman keras) dan sajam (senjata tajam) guna meminimalisir potensi kericuhan,” ungkap Hendri.

Giat razia miras yang berlangsung sejak awal Maret ini, membuahkan puluhan botol dan liter miras yang berhasil disita petugas. Terbaru, dua pengedar dan penjual miras berhasil ditindak polisi.

Mereka adalah Suwoto (53) warga Dusun Krajan  Desa Petungsewu, Kecamatan Dau dan Tukiman warga Dusun Krajan, Desa Kasembon, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang.

”Puluhan botol berisi miras mulai dari jenis anggur merah, trobas, dan miras berbagai merek berhasil kami sita dari para pelakunya. Anggota masih terus melakukan pengembangan guna mengamankan pengedar maupun produsen miras yang ada di Kabupaten Malang,” tegas Hendri.

Langkah antisipasi razia miras yang dapat memicu kericuhan saat laga Arema lawan Persib Bandung ini, terbilang masuk akal. Pasalnya, pada beberapa tahun belakangan ini Kabupaten Malang memang marak dijadikan sasaran peredaran sekaligus pembuatan miras.

Baca Juga : Libur Karena Covid-19, Kiper Persita Mulai Bosan

Kasubag Humas Polres Malang, Ipda Nining Husumawati, menjelaskan pada tahun 2019 ada 270 kasus peredaran miras yang berhasil diungkap Polres Malang. Saat itu polisi juga berhasil menyita beberapa barang bukti dari tangan tersangka. Di antaranya 4.417 botol miras, serta 633,5 liter miras berbagai jenis dan merek.

”Jumlah barang bukti yang kami sita tersebut meningkat jika dibandingkan tahun sebelumnya, pada 2018 lalu hanya ada 3.514 botol miras yang kami amankan dari para tersangka. Jika melihat data yang ada, Jumlah barang bukti yang kami sita memang selalu mengalami peningkatan di setiap tahunnya,” ujar Nining.

 

Topik
Malang Berita Malang Kerahkan Seribu Personel Polres Malang Panen Miras Jelang Laga Arema Menjamu Persib laga kandang Arema FC Stadion Kanjuruhan

Berita Lainnya

Berita

Terbaru