Tahun Ini Anggarkan Rp 4,5 Miliar, Pemkot Batu Segera Realisasikan Rumah Kemasan

Mar 05, 2020 11:07
Dok. MalangTIMES
Dok. MalangTIMES

MALANGTIMES - Pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Batu nantinya jangan khawatir tentang kemasan produk. Sebab, Pemkot Batu melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan bakal membuat rumah kemasan. 

“Sebenarnya gagasan rumah kemasan sudah sejak tahun 2017 silam, namun baru bisa dianggarkan tahun ini,” kata Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskumdag) Kota Batu Eko Suhartono.

Baca Juga : Bantuan Pangan Non Tunai di Kota Batu Sudah Cair, Berikut Jadwal dan Lokasi Tokonya

Anggaran untuk rumah kemasan ini Rp 4,5 milar. Rencananya, rumah kemasan itu bakal dibangun di Kecamatan Batu. 

Eko menjelaskan, bukan hanya sekadar rumah kemasan. Rumah kemasan itu disediakan secara gratis alias tidak perlu merogoh kocek sepeser pun bagi UMKM di Kota Batu. 

Rumah kemasan gratis ini siap membantu para pelaku UMKM di Kota Batu agar mampu berdaya saing melalui desain kemasan yang keren. Desain yang dibuat tidak sekadar membuat desain, tapi dipertimbangkan banyak faktor. Di antaranya ada segmen pasar yang tepat, brand image, serta elemen-elemen yang akan dicantumkan di kemasan.

“Rumah kemasan ini kami buat untuk membantu UMKM karena selama ini permasalahannya kebanyakan karena kemasan,” imbuh Eko.

Menurut Eko, salah satu faktor  produk UMKM Kota Batu tidak banyak dilirik karena kemasan yang kurang maksimal. Jadi, adanya rumah kemasan ini akan membantu pelaku UMKM. Sebab, di rumah kemasan tersebut disediakan berbagai fasilitas.

Baca Juga : Tangkal Covid, Pemkab Malang Sediakan Safe House di Seluruh Desa

 Kemasan tersebut untuk seluruh produk, seperti makanan, minuman, pertanian, dan handycraft. “Contoh produk keripik. Membungkus dengan merekatkan plastik dengan lilin secara kemasan kan jelek,” kata Eko.

Rumah kemasan ini, lanjut Eko, penting karena UMKM punya keterbatasan untuk packaging. Bahkan, mereka harus sampai ke luar daerah untuk packaging.

Menurut Eko, hadirnya rumah kemasan sangat penting untuk meningkatkan daya jual. Terlebih untuk membuat kemasan membutuhkan biaya tidak sedikit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
BatuBerita BatuPelaku UMKM di Kota BatuPemkot BatuRumah Kemasan di BatuDiskumdag Kota Batu Eko Suhartono

Berita Lainnya

Berita

Terbaru