Sikapi Corona, PBNU Keluarkan Surat Instruksi dan Anjuran Untuk Membaca Qunut Nazilah

Mar 04, 2020 12:29
Surat Instruksi dan Anjuran resmi yang dikeluarkan oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama. (Foto: Instagram nahdlatululama)
Surat Instruksi dan Anjuran resmi yang dikeluarkan oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama. (Foto: Instagram nahdlatululama)

MALANGTIMES - Mananggapi persebaran virus Corona atau Covid-19 yang telah resmi masuk ke Indonesia, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengeluarkan surat instruksi dan anjuran resmi.
Surat instruksi dan anjuran ini ditujukan kepada seluruh Pengurus Wilayah, Pengurus Cabang, Pengurus Lembaga dan Badan Otonom, serta Asosiasi Pesantren di bawah naungan RMI-Nahdlatul Ulama untuk disebarkan kepada seluruh anggota Nahdlatul Ulama.

Keluarnya surat instruksi dan anjuran ini sebagai upaya penanganan persebaran virus Corona atau Covid-19 di Indonesia yang nantinya dikhawatirkan akan semakin meluas.
Dalam akun resmi di instagramnya, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama menginstruksikan agar semua Warga Nahdliyin agar membaca doa. 

"Terkait wabah virus Corona, PBNU menginstruksikan kepada seluruh Pengurus Wilayah, Cabang, Lembaga, Badan Otonom Nahdlatul Ulama, serta Pondok Pesantren agar membaca qunut nazilah, meningkatkan amalan dan do'a tolak balak agar bangsa Indonesia terhindar dari musibah dan bencana," demikian yang tertulis dalam surat instruksi dan anjuran resmi PBNU yang dikeluarkan pada Selasa (3/3/2020). 



Pengurus Besar Nahdlatul Ulama berharap agar semua Warga Nahdliyin tetap tenang dan tidak panik, karena jika panik hanya akan membuat suasana tidak kondusif. 

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama juga memberikan beberapa anjuran kepada seluruh Warga Nahdliyin yang tertuang dalam lima poin, yaitu sebagai berikut :

1. Menjaga kesehatan, berolahraga dan istirahat yang cukup.

2. Jika ada anggota keluarga yang sedang sakit (sesak napas, batuk, pilek, demam, flu dan lainnya) diharapkan untuk segera periksa ke dokter, dan untuk sementara tidak berbaur dalam kerumunan di masjid atau musholla, pengajian-pengajian, atau tempat umum lainnya sampai kondisi kesehatan sudah dalam keadaan baik.

3. Menjaga kebersihan badan dan lingkungan. 

4. Utamakan untuk selalu menjaga wudhu.

5. Dan tetap memperbanyak doa, memohon pertolongan Allah SWT melalui istighotsah, pembacaan sholawat thibbil qulub, dan amalan-amalan dari para kiai dan guru.

Ketua Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Malang, Umar Usman juga menuturkan, pihaknya akan melaksanakan instruksi tersebut. 

"Kita teruskan instruksi PBNU. Juga anjuran doa dari para Kiai sepuh," tutur Umar Usman saat diminta konfirmasi oleh pewarta pada Rabu (4/3/2020).

Merespon instruksi dan anjuran dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, saat ini pihak Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Malang sedang mempersiapkan Istighotsah dan Sholawat Thibbil Qulub secara akbar dengan tujuan agar virus Corona atau Covid-19 tidak terus menyebar dan kembali sehat. 

Baca Juga : Wali Kota Dewanti Imbau Warganya Ibadah di Rumah

"Untuk istighotsah akbar, rencananya dilaksanakan pada Rabu (11/3/2020) bertempat di Kantor PCNU Kabupaten Malang yang beralamat di Krapyak Kepanjen," jelas Umar Usman.

Harapannya dengan keluarnya surat instruksi dan anjuran dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama tersebut, semua warga Nahdliyin yang ada di Indonesia maupun yang di luar negeri agar dapat menerapkan instruksi dan anjuran ini, serta terus berdoa agar terhindar dari virus Corona atau Covid-19.

Topik
MalangBerita Malangmalang hari iniVirus CoronaCegah Virus CoronaPengurus Besar Nahdlatul Ulamawabah virus corona

Berita Lainnya

Berita

Terbaru