Jokowi saat minum jamu dengan gelas luriknya di Istana Bogor. (Foto: screeshot vlog Jokowi)
Jokowi saat minum jamu dengan gelas luriknya di Istana Bogor. (Foto: screeshot vlog Jokowi)

MALANGTIMES - Dua warga Indonesia yang tinggal di Depok, Jawa Barat, sudah dinyatakan positif terkena virus corona. Fakta itu membuat masyarakat panik dan berupaya tidak ditulari corona. Salah satunya dengan memborong masker sehingga menjadi barang langka.

Namun, guru besar Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Prof Dr drh Chaerul Anwar Nidom MS menunjukkan cara menangkal virus corona. Peneliti yang pernah  menangani kasus flu burung di Indonesia itu mengimbau masyarakat mengonsumsi minuman yang mengandung curcumin. Zat curcumin ini terdapat pada jahe, temulawak, kunyit, serai, dan sebagainya.

Baca Juga : Usul Pemakaman Nakes Covid-19 di TMP & Anugerah Bintang Jasa Berujung Bully untuk Ganjar

Rupanya, sebelum penelitian dan imbauan itu dikeluarkan Prof Chaerul Anwar, orang nomor satu di Indonesia, yakni Presiden Joko Widodo (Jokowi), sudah biasa mengonsumsi ramuan rempah-rempah. Hal itu terlihat dari unggahan video blog Jokowi tahun 2019 lalu.

Nah, video blog Jokowi tersebut saat ini  kembali viral seiring semakin mencuatnya kasus corona. 

Dalam video itu,  ditunjukkan bahwa untuk menunjang dan menjaga kesehatan badan, perlu diberi vitamin atau menjalani olahraga. Di balik kesehatan dan kebugarannya itu, Jokowi memiliki resep tertentu.

Bukan obat atau suplemen yang berbahan kimia, namun Jokowi mengandalkan jamu agar bugar sepanjang hari. Di video itu, Jokowi membeberkan resep menjaga kesehatan.

Sebelum melakukan aktivitasnya yang dimulai sejak pagi hari, Jokowi selalu meminum jamu racikan rumahan. “Biasanya kalau saya sebelum aktivitas, minum jamu. Jamu itu racikannya terdiri dari campuran temulawak, jahe, dan kunyit,” ungkap Jokowi.

Baca Juga : Usul Pemakaman Nakes Covid-19 di TMP & Anugerah Bintang Jasa Berujung Bully untuk Ganjar

Dalam video pada Selasa 23 Juli 2019 silam itu, dijelaskan secara rinci cara pembuatannya. Bahan temulawak, jahe, dan kunyit  ditumbuk atau dirajang. 

“Lalu dicampur dan diseduh dengan air panas. Larutan tersebut kemudian disaring dan diminum,” beber Jokowi. “Saya sudah minum mungkin 17-18 tahun yang lalu," imbuhnya.

Dengan minum jamu itu secara rutin, Jokowi merasakan manfaat yang luar biasa. “Saya rasakan memberikan manfaat yang baik untuk kebugaran tubuh,” katanya. “Ingin mencoba? Ya dibuat sendiri,” tutup Jokowi lalu tertawa.

Masyarakat yang khawatir akan virus corona rupanya bisa mencontoh resep Jokowi. Minum racikan seperti yang dibeberkan Jokowi atau disampaikan Prof Chaerul Anwar jika ingin daya tahan tubuh kuat dan badan bugar sehingga virus sulit masuk.