Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Sebagai kota dengan beragam  wisata alam dan buatannya, Kota Batu menjadi destinasi favorit bagi wisatawan dari penjuru daerah hingga luar negeri. Karena itu,  dengan positifnya warga Indonesia di Depok yang terjangkit virus corona, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko meminta kepada warga untuk tenang. 

“Sebagai tempat wisata, tentunya banyak wisatawan yang keluar masuk. Tapi warga Kota Batu tidak perlu panik, tetap tenang,” ungkap Dewanti.

Baca Juga : Hari Ini, Pemkot Malang Luncurkan Bansos Tahap Awal bagi Warga Terdampak Covid-19

Ia meminta untuk warganya untuk menerapkan pola hidup sehat. Saat kondisi tubuh sehat bugar dan daya tahan tubuh bagus, tidak mudah terjangkit virus corona. 

“Sebaliknya, kalau kondisi dalam keadaan sedang tidak fit atau daya tahan tubuh lemah, mudah terjangkit virus korona,” ungkap Dewanti.

Selain meminta warganya untuk melakukan pola hidup sehat, Dewanti  juga meminta untuk melakukan cuci tangan. Cuci tangan dilakukan secara teratur dan menyeluruh dengan cairan berbasis alkohol atau cuci tangan dengan sabun dan air.

“Karena mencuci tangan dengan sabun dan air atau menggunakan cairan pembersih berbasis alkohol bisa membunuh virus yang mungkin ada di tangan Anda,” tambah istri Eddy Rumpoko ini. 

Baca Juga : Bantuan Pangan Non Tunai di Kota Batu Sudah Cair, Berikut Jadwal dan Lokasi Tokonya

Dewanti juga meminta kepada dinas terkait, yakni Dinas Kesehatan Kota Batu, memberikan penguatan, selain makanan bergizi dan  aktivitas olahraga.

Virus corona sendiri telah menyebar ke 75 negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Jumlah korban mencapai 90.428 hingga Selasa (3/3/2020) pukul 08.30 WIB. Namun, separo jumlah itu, sekitar 40 ribu, orang sudah dinyatakan sembuh.