Ilustrasi pelayanan penyedotan tinja UPT PAL. (ist)
Ilustrasi pelayanan penyedotan tinja UPT PAL. (ist)

MALANGTIMES - Masyarakat Kota Malang yang mengalami masalah karena septictank-nya penuh tak usah khawatir. Pasalnya, masyarakat bisa meminta bantuan kepada Unit Pelaksana Teknis Pengolahan Air Limbah (UPT PAL) Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang untuk melakukan penyedotan.

Kepala UPT PAL M. Arif menjelaskan, masyarakat bisa menghubungi call center yang telah disediakan untuk bisa mendapatkan layanan penyedotan dari UPT PAL.

Baca Juga : Pemprov Jatim Buka Posko Pendampingan Pendaftaran Program Kartu Prakerja di 56 Lokasi

a dihubungi melalui telepon 0341564000, kemudian melalui WhatsApp dengan nomor 0895390640000, atau juga bisa melalui Instagram UPT PAL DPUPR Kota Malang dan Facebook Uptpalpal," ungkapnya (3/3/2020).

Soal biaya atau retribusi penyedotan, Arif mengatakan  saat ini masih belum dikenakan retribusi perihal penyedotan. Pasalnya, saat ini pihak UPT PAL masih menunggu peraturan daerah (perda) yang mengatur retribusi tersebut.

"Untuk biaya penyedotan masih menunggu perda dulu. Jadi, sementara hanya biaya retribusi pembuangan ke IPLT sebesar 15.000," tambah admin Instagram UPT PAL.

Penanganan selanjutnya, usai dilakukan penyedotan dari rumah warga,  limbah lumpur tinja akan dibawa ke Instalasi Pembuangan Lumpur Tinja (IPLT) Supit Urang.

Baca Juga : Banyak Manfaat Kantongi SLF, Berikut Syarat-Syarat Kepengurusannya

Di sana limbah lumpur tinja akan  diolah menjadi kompos. Kemudian air yang sudah diproses menjadi jernihbakan dialirkan ke sungai sehingga tidak mencemari lingkungan.

Pihak DPUPRPKP juga mengimbau agar masyarakat membuat sumur tinja atau sanitasi dengan sesuai dengan aturan yang ada. Sehingga dengan begitu, tidak mencemari lingkungan dan mudah dalam pembersihannya.