Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Waspada Virus Corona, Sutiaji Ingatkan Masyarakat Cuci Tangan

Penulis : Arifina Cahyati Firdausi - Editor : Nurlayla Ratri

03 - Mar - 2020, 07:42

Wali Kota Malang Sutiaji (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)
Wali Kota Malang Sutiaji (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Menyeruaknya kasus virus Corona atau Covid-19 ke berbagai negara menjadi perhatian khusus. Apalagi, presiden Joko Widodo telah mengumumkan ada 2 warga negara Indonesia (WNI) yang terpapar virus tersebut.

Peningkatan kewaspadaan tentu dilakukan di semua daerah, termasuk di Kota Malang. Meskipun, hingga saat ini belum ditemukan kasus penyakit virus Corona di kota berjuluk pendidikan ini.

"Kita tetap waspada," kata Wali Kota Malang, Sutiaji.

Baca Juga : Bantuan Pangan Non Tunai di Kota Batu Sudah Cair, Berikut Jadwal dan Lokasi Tokonya

Kewaspadaan tersebut salah satunya mengingatkan masyarakat untuk melakukan pencegahan yakni, rutin cuci tangan dengan sabun sesuai ketentuan. Kemudian, meningkatkan pola perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di lingkungan.

"Hal-hal yang terkait dengan cuci tangan sebelum makan, setelah beraktivitas dan lainnya, membiasakan bersih itu menjadi keharusan," jelasnya.

Ya, salah satu pencegahan terhadap virus Corona memang dengan penerapan cuci tangan sesuai enam langkah. Yaitu dimulai dengan menggosok telapak tangan, membersihkan sela - sela jari, kemudian gosok telapak tangan dengan jari secara berlawanan, jalinkan jari-jemari kedua telapak tangan saling berhadapan, gosok kedua ibu jari, gosok bagian tengah telapak tangan.

Sementara berkaitan dengan banyaknya mahasiswa asing yang menempuh study di Kota Malang, pihaknya juga akan berkoordinasi untuk ikut serta meningkatkan kewaspadaan terhadap virus Corona.

"Kami sampaikan juga untuk waspada," tandasnya.

Baca Juga : Sumbang Angka Positif Covid-19 Tertinggi, Gubernur Jatim Belum Ajukan PSBB

Sebelumnya, dari 238 WNI yang dipulangkan ke Indonesia dan telah menjalani karantina di Hanggar Lanud Raden Sadjad Ranai, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri) ada tiga mahasiswa asal Kota Malang. Pihaknya, memastikan mereka terbebas dari paparan virus alias negatif Covid-19.


Topik

Pemerintahan malang berita-malang berita-malang-hari-ini Waspada-Virus-Corona Wali-Kota-Malang Sutiaji perilaku-hidup-bersih-dan-sehat penerapan-cuci-tangan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Arifina Cahyati Firdausi

Editor

Nurlayla Ratri