Bupati Sanusi Gagas Gojek Jadi Agen Pariwisata di Kabupaten Malang

Mar 02, 2020 19:32
Bupati Malang Sanusi (pakai kopyah) beserta perwakilan Gojek dan Kepala Disparbud Kabupaten Malang Made Arya W (kiri) (Disparbud for MalangTimes)
Bupati Malang Sanusi (pakai kopyah) beserta perwakilan Gojek dan Kepala Disparbud Kabupaten Malang Made Arya W (kiri) (Disparbud for MalangTimes)

MALANGTIMES - Pengembangan dan percepatan pembangunan sektor pariwisata tak hanya bertumpu pada infrastruktur saja. Akan tetapi juga pada promosi. Perihal promosi pariwisata ini menjadi hal yang tak lagi bisa diabaikan oleh para pemangku kepentingan.

Terlebih lagi di era revolusi industri 4.0 ini, promosi pariwisata pun mengalami perubahan drastis. Dari hal konvensional beralih pada berbagai platform digital.

Hal ini yang juga ditangkap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang yang memiliki ratusan lokasi wisata yang tersebar di wilayah terluas kedua di Jawa Timur (Jatim).

Pemkab Malang melalui Bupati Malang Sanusi pun merangkul Gojek yang telah melakukan MoU dengan Kementerian Pariwisata. Dalam upaya meningkatkan promosi pariwisata yang ada di Kabupaten Malang.

"Kita bahas peluang kerja sama itu dengan perwakilan Gojek. Khususnya bagaimana promosi pariwisata di Kabupaten Malang bisa semakin luas ke depannya," ucap Sanusi, Senin (2/2/2020).

Bagi Sanusi, MoU Gojek dengan Kementerian Pariwisata dan kini dalam tahap pembahasan dengan Pemkab Malang. Akan bisa membuat sektor pariwisata memiliki corong yang sesuai dengan perilaku wisatawan dalam mencari informasi. Yakni melalui aplikasi digital yang dimiliki Gojek dalam berbagai kebutuhan di sektor pariwisata.

"Kerja sama ini bisa menjadikan mitra Gojek agen pariwisata. Sehingga mampu meluaskan informasi destinasi wisata yang kita kerja samakan," ujarnya.

Calon Bupati dari PDI Perjuangan di Pilkada 2020 ini, juga memiliki harapan wisata favorit di Kabupaten Malang yang bisa dikerjasamakan dengan Gojek adalah yang telah eksis. Baik di kancah daerah maupun internasional, seperti wisata Pujon Kidul, Boonpring Andeman Sanankerto, Masjid Tiban Turen. Atau kawasan wisata Gubugklakah dan Ngadas yang merupakan penyangga Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Bromo Tengger Semeru (BTS).

Bupati Malang Sanusi beserta jajaran dan perwakilan Gojek dalam kerjasama promosi pariwisata

Di kesempatan sama, Boy Arno Muhammad, Head Regional Government Relations East Java Bali Nusra Gojek, menyampaikan, pihaknya dalam waktu dekat akan segera menginventarisir apa yang diharapkan Sanusi.

Yakni, memetakan secara spesifik potensi wisata yang ada. Walaupun, ucapnya, MoU dengan Kementeriam Pariwisata untuk wilayah Kabupaten Malang, pihaknya diminta khusus untuk pengembangan kawasan BTS dan pengembangan desa wisata.

"Dalam waktu dekat kita akan segera lakukan inventarisir spesifik potensi wisata di Kabupaten Malang," ujarnya.

Terkait kesiapan Gojek sebagai mitra mengembangkan sektor pariwisata di Kabupaten Malang, Boy menegaskan, bahwa hampir 40 persen mitra Gojek di Malang Raya berasal dari Kabupaten Malang.

"Kita tentunya siap untuk kerja sama terkait pengembangan pariwisata di Kabupaten Malang. Kita siap jadi corong bagi wisatawan pada nantinya," tegasnya.

Secara umum, Boy juga mengatakan, kerja sama pihaknya di sektor pariwisata, tak hanya mempromosikan destinasi yang sedang happening saja. "Tapi juga berbagai event wisata dan budaya yang mungkin belum banyak dikenal masyarakat luas," ucapnya yang memiliki harapan berbagai aplikasi Gojek bisa diaplikasikan di sektor pariwisata.

Misalnya, aplikasi event wisata dan budaya maupun paket destasi wisata dapat dikerjasamakan dengan layanan Gotix sebagai platform penjaring wisatawan. Selain itu pula melalui payment service Gopay yang menurut Boy dapat mempermudah layanan pembayaran.

"Untuk Gofood bisa juga diaplikasikan di desa-desa wisata yang tujuan utamanya untuk memberikan dampak positif kepada masyarakat," tandasnya.

Topik
MalangBerita MalangBupati SanusiGagas Gojek Jadi Agen Pariwisata di Kabupaten Malangpembangunan sektor pariwisataPemkab MalangKabupaten Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru