Peta persebaran Corona. (Foto: istimewa)
Peta persebaran Corona. (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Pencegahan terhadap masuknya virus Corona atau COVID-19 dilakukan dengan mengamankan sejumlah pintu masuk darat, laut, dan udara oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

Hal ini disampaikan oleh Menteri Kesehatan (Menkes) RI Terawan Agus Putranto dalam kunjungan kerjanya ke Malang belum lama ini.

"Pencegahan terhadap masuknya COVID-19 itu dilakukan dengan mengamankan 132 pintu masuk darat, laut, udara. KKP saya sudah siap siaga terus," ucapnya kepada awak media.

Selain itu, Kemenkes juga mengimbau masyarakat agar berperilaku hidup sehat untuk meningkatkan imunitas tubuh.

"Kedua kita menggalakkan masyarakat hidup sehat untuk meningkatkan imunitas tubuhnya, melalui terutama cuci tangan kemudian olahraga," katanya.

Kemudian juga, lanjutnya, makan makanan yang cukup gizinya. "Yang paling penting juga istirahat yang cukup," imbuh dia.

Selain itu, masyarakat juga diharapkan tetap waspada, rasional, dan tidak paranoid. Dikatakan Terawan, sikap paranoid lah yang justru akan menghancurkan masyarakat.

"Kepercayaan itu begitu goyah, paranoid itu muncul, kita sendiri yang akan menghancurkan diri kita sendiri, bukan penyakitnya. Kalau kita rasional angka kematiannya pun di bawah 2 persen, kecil sekali, bahkan ada yang mengatakan 1 persen," paparnya.

Karena itu, rasionalitas harus dijunjung tinggi. Akan tetapi, lanjutnya, kewaspadaan tidak boleh dihilangkan.

"Waspada terus. Yang bergaung di dunia ini COVID-19 ya kita harus hadapi dengan prevent, detect, dan respons kalau memang ada. Tetapi selama ndak ada kita lakukan terus prevent dan detect dengan baik dan penuh semangat yang tinggi," tandasnya.