Ilustrasi pabrik Samsung, (Reuters, Kim Hong-Ji)
Ilustrasi pabrik Samsung, (Reuters, Kim Hong-Ji)

MALANGTIMES - Virus Corona atau Covid 19 masih menjadi momok yang mengerikan. Virus itu juga menjangkiti salah satu perusahaan smartphone raksasa hingga menutup salah satu pabriknya di Gumi, Korea Selatan (korsel). Gumi sendiri tak jauh dari Daegu, lokasi terdampak corona virus yang cukup parah di Korea Selatan.

Penutupan pabrik Samsung dilakukan sejak 22 Februari 2020 hingga 24 Februari 2020. Penutupan tersebut lantaran salah satu karyawannya terkonfirmasi terinfeksi virus Covid 19 tersebut.  

Selain itu, salah satu lokasi di mana karyawan yang terkonfirmasi Covid 19 itu bekerja juga ditutup. Berbeda dengan penutupan pabrik secara keseluruhan, lokasi tempat karyawan terkonfirmasi Corona tersebut ditutup hingga 25 Februari 2020.

"Perusahaan telah menempatkan rekan-rekan yang melakukan kontak dengan karyawan terinfeksi di tempat karantina tersendiri dan mengambil langkah-langkah pengujian atas kemungkinan infeksi," kata Samsung dalam keterangan tertulisnya, sebagaimana dikutip dari The Star, Minggu (23/2/2020).

Pabrik Samsung yang ada di Gumi, Korea Selatan tersebut memproduksi perangkat smartphone untuk pasar domestik Korea Selatan. Perangkat rakitannya terdiri dari ponsel flagship macam Galaxy Z Flip dan Galaxy Fold.

Sementara itu, pabrik Samsung lainnya yang juga ada di Korea Selatan, di mana fokus pada produksi cip prosesor dan layar Samsung diklaim, karyawannya diklaim tak terinfeksi virus tersebut.

Selain Samsung, perusahaan lainnya yang terkena dampak Covid 19 adalah Apple. Perusahaan tersebut juga sempat menghentikan produksi iPhone di China akibat coronavirus.