Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Malang, Suwarjana (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)
Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Malang, Suwarjana (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)

MALANGTIMES - MALANGTIMES - Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Malang menumbuhkan semangat membaca baik bagi siswa maupun masyarakat umum melalui Malang City Library and Information (Cillin) Digital Access rupanya membuahkan hasil.

Ya, sejak dilaunching pada 12 Desember 2019 lalu dengan melibatkan lebih dari 2.000 siswa sekolah, aplikasi android Malang Cillin Digital Access dinilai telah banyak peminatnya. Sayangnya, saat ini jumlah buku digital yang dapat diakses masih belum banyak. Baru sebanyak 2.000 buku digital.

"Sejak ada aplikasi baru, Malang City Library and Information (Cillin) Digital Accecs. Itu bagus sekali minat baca dari masyarakat. Banyak yang mengakses itu," jelas Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Malang, Suwarjana.

Tingginya animo pembaca ini membuat Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang makin getol untuk menambah koleksi buku digital. Tahun ini, setidaknya ada 2.000 buku digital yang akan menambah koleksi perpustakaan.

"Di aplikasi Malang Cillin Digital Access itu kan sudah ada sekitar 2.000 buku, tahun ini kita rencananya menambah lagi, dengan jumlah yang sama untuk buku digital. Karena proses untuk membuat buku digital juga tidak mudah ya," imbuhnya.

Menurut dia, saat ini jumlah buku yang ada di Perpustakaan Kota Malang mencapai 14 ribu koleksi. Jenisnya, beragam mulai dari fiksi, budaya, sejarah, hingga buku pelajaran baik yang lama dan terbaru tersedia.

Nantinya, untuk buku digital juga akan ditambah dengan buku-buku beragam genre. Tak hanya itu, banyaknya masyarakat yang mengakses Perpustakaan membuatnya untuk menambah koleksi buku non digital.

Sehingga, total pengadaan buku baik digital dan non digital menjadi 4.000 koleksi. Anggaran untuk penambahan buku-buku di tahun 2020 ini, dikatakannya sebesar Rp 150 juta.

"Iya, nanti itu dananya sekitar Rp 150 juta untuk pengadaan bukunya. Saat ini yang paling banyak itu fiksi untuk koleksi. Tapi kebudayaan, termasuk buku pelajaran lama yang sulit ditemui di toko itu kan di perpustakaan pasti ada. Jadi orang juga banyak akhirnya yang datang ke Perpustakaan," tandasnya.

Sebagai informasi, aplikasi Malang Cillin Digital Access dapat diunduh secara gratis di playstore. Hadirnya aplikasi ini sebagai salah satu upaya untuk mempermudah masyarakat dari berbagai daerah untuk mendapatkan akses bacaan di manapun, dan kapanpun. Terutama, mengenai sejarah dan kebudayaan Kota Malang.