Presiden Jokowi memberi instruksi Gubernur dan Kapolda Riau untuk cek lapangan terkait Perhutanan Sosial (Ist)
Presiden Jokowi memberi instruksi Gubernur dan Kapolda Riau untuk cek lapangan terkait Perhutanan Sosial (Ist)

MALANGTIMES - Curahan hati (curhat) seorang ibu asal Gondai, Kabupaten Pelalawan, Riau, membuat para pejabat teras terdiam di acara kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Taman Hutan Raya Sultan Syarif Kasim, beberapa waktu lalu.

Curhat itu terkait adanya eksekusi lahan oleh DLHK (Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan) serta adanya alat berat yang membuat lahannya tak bisa dimanfaatkan.

Baca Juga : Aksi Tak Terpuji Bule di Bali, Pandemi Covid-19 Malah Party

Padahal, ibu dari Gondai itu telah memiliki surat keterangan (SK) Perhutanan Sosial untuk memanfaatkan lahan itu.

"Saya minta tolong sama Pak Jokowi, lahan kami dieksekusi oleh DLHK (Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan). Mohon bantuannya, Pak Jokowi," ucap lantang ibu perwakilan dari Kabupaten Pelalawan ini, seperti dikutip kompas.com, Minggu (23/2/2020).

Tak hanya itu, walau dengan mata berkaca-kaca, dirinya juga menyampaikan dengan lantang lahannya juga ditempati alat berat milik perusahaan.

Curhatan ibu asal Pelalawan itu pun membuat para pejabat yang hadir di acara, yaitu Menteri LHK Siti Nurbaya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko sampai Gubernur Riau Syamsuar dan Kapolda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi, terdiam dan memperhatikan setiap kalimat yang meluncur dari bibir ibu tersebut.

Mendengar curhat itu pun Jokowi terheran-heran. Pasalnya, Pangkalan Gondai audah dibuatkan SK Perhutanan Sosial.

"Pangkalan Gondai kan sudah ini (dibuatkan SK), terus?" kata Jokowi.

"Kalau sudah, kenapa alat berat belum keluar dari lahan kami?" tanya ibu itu balik bertanya ke Jokowi. 

Serupa mendapat tamparan, Jokowi pun menoleh ke belakang. Dimana para bawahannya duduk dalam acara yang dilakukan Jumat (21/2/2020).

Baca Juga : Aksi Tak Terpuji Bule di Bali, Pandemi Covid-19 Malah Party

"Pak Gubernur, Pak Kapolda tolong  dicek ke lapangan. Persoalan ini segera diselesaikan," tegas Jokowi.

Tak hanya itu, orang nomor satu di Indonesia ini juga memberikan 'ancaman' bila curhat ibu tersebut tak terselesaikan, dirinya akan menerjunkan tim pusat untuk persoalan itu.
"Kalau tidak selesai, saya turunkan tim dari Jakarta," tegasnya ke Gubernur Riau dan Kapolda.

Sikap Jokowi ini pun mendapat respon warganet. Seperti yang disampaikan akun Bowo Salam yang menyatakan, "kalau pk presiden gk ada kunjungan ke sn pejabat setempat masa bodoh dengan nasib rakyatnya," tulisnya.

Akun Refinoerman juga menuliskan, "ini masalah nya...yg dibawah tidak mengindahkan perintah dari atas karena mereka jauh di pelosok, jadi penguasa dan pengusaha sejalan menindas rakyat kecil. copot pejabat dan tangkap pengusaha ok,".