Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Jadi Stadion Tertua, Perbaikan Stadion Gajayana Masih Tunggu Kajian

Penulis : Pipit Anggraeni - Editor : Nurlayla Ratri

22 - Feb - 2020, 09:22

Stadion Gajayana (Wikipedia)
Stadion Gajayana (Wikipedia)

MALANGTIMES -  Stadion Gajayana menjadi salah satu lapangan bola sekaligus pusat olahraga di Kota Malang yang sangat membanggakan.

Selain pernah menjadi tempat pertandingan dengan skala besar, Stadion Gajayana juga menjadi salah satu stadion legendaris di Indonesia karena usianya yang sangat tua.

Baca Juga : PDAM Kota Malang Siapkan Skema Keringanan Bagi Pelanggan Terdampak Pandemi Covid-19

Stadion tersebut dibangun pada 1924 atau sebelum Indonesia merdeka. Namun sayangnya, kondisi salah satu stadion tertua di Indonesia itu tak jarang menuai kritik.

Di antaranya, lantaran kondisi lapangan hingga sarana dan prasarana yang dinilai cukup memprihatinkan.

Bahkan, beberapa kali ditemui adanya coretan-coretan nakal di sekitaran tembok stadion yang membuat Stadion Gajayana tampak kumuh.

Menanggapi itu, Kabid Olahraga Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang, Eko Sya menyampaikan, perbaikan Stadion Gajayana selalu dilakukan secara berkala.

Salah satunya memanfaatkan anggaran pemeliharaan rutin. Misalnya seperti membenahi tembok yang roboh, pintu yang rusak, hingga melakukan pengecatan ulang pada sisi tembok yang perlu dilakukan perbaikan.

"Memang ada pemeliharaan rutin, dan anggarannya disesuaikan dengan kebutuhan," katanya.

Sementara untuk pemeliharaan secara menyeluruh, menurutnya masih harus menunggu kajian terlebih dulu. Pasalnya, anggaran yang dibutuhkan untuk pembenahan secara besar-besaran itu bisa menyentuh angka Rp 50 miliar.

Baca Juga : Beban Keuangan Berat, Jokowi Minta THR dan Gaji Ke-13 PNS Dikaji, Ini Kata Menkeu

"Sejauh ini belum ada rencana, karena kebutuhan anggarannya pasti sangat besar. Tapi kami berencana membuat laporan ke pimpinan," imbuhnya.

Eko menjelaskan, pemeliharaan terhadap Stadion Gajayana memang dinilai sangat penting. Namun memang harus dilakukan kajian terlebih dulu untuk mengetahui detail yang perlu untuk dibenahi.

"Ini stadion legendaris dan memang harus dilestarikan. Ada beberapa titik untuk pemeliharaan seperti tribun hingga arena atau track lari disekitar stadion yang memang perlu diperbaiki," tutupnya.

 


Topik

Pemerintahan malang berita-malang Perbaikan-Stadion-Gajayana-Masih-Tunggu-Kajian Kabid-Olahraga-Dinas-Kepemudaan-Olahraga Pariwisata-Disporapar-Kota-Malang-Eko-Sya


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Pipit Anggraeni

Editor

Nurlayla Ratri