Petugas saat menebang pohon yang tumbang setelah diterjang musibah angin kencang (Foto : PMI Kabupaten Malang for MalangTIMES)
Petugas saat menebang pohon yang tumbang setelah diterjang musibah angin kencang (Foto : PMI Kabupaten Malang for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Diguyur hujan deras disertai hembusan angin kencang, sejumlah rumah warga di Desa Parangargo, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang roboh, Jumat (21/2/2020) sore.

Selain merusak rumah warga, beberapa fasilitas umum dan pepohonan yang ada di sekitar lokasi kejadian tumbang. Bahkan, dikabarkan Mako (Markas Komando) Koramil Wagir juga terdampak akibat musibah angin kencang tersebut.

”Mako Koramil hanya mengalami kerusakan ringan, tapi kalau dua rumah warga yang terdampak musibah angin kencang mengalami kerusakan cukup parah,” jelas Kasubsi Penanggulangan Bencana PMI (Palang Merah Indonesia) Kabupaten Malang, Mudji Utomo.

Berdasarkan data sementara, dua rumah warga di Desa Parangargo, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang yang mengalami kerusakan berat tersebut milik Agung Susanto dan Kasti.

”Kami masih melakukan pendataan jumlah korban yang terdampak, saat ini petugas gabungan masih melakukan assesment di lokasi kejadian,” sambung Utomo.

Diperoleh keterangan, sesaat sebelum kejadian hujan dengan intensitas tinggi terjadi di wilayah Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, sekitar pukul 14.30 WIB. 

Alhasil, 2 rumah warga, markas Koramil Wagir, dan beberapa pohon penerangan jalan, mengalami kerusakan dan tumbang. ”Untuk korban jiwa tidak ada, kerugian ditaksir mencapai Rp 25 juta,” terang Utomo. 

Sesaat setelah kejadian angin kencang, petugas gabungan dari PMI Kabupaten Malang, Koramil dan Polsek Wagir serta perangkat desa beserta warga dikerahkan untuk melakukan assesment di lokasi kejadian.

”Untuk pohon yang tumbang sudah dalam proses penebangan, sedangkan rumah yang terdampak sementara kami berikan bantuan berupa terpal untuk menutup bagian atap rumah yang roboh,” tutup Utomo kepada wartawan.