Bupati Malang HM. Sanusi sedang memberikan sambutan pada kegiatan Gema (Gerakan Masyarakat Membangun) Desa di Wilayah Kecamatan Singosari. (Foto: Tubagus Achmad/MalangTimes)
Bupati Malang HM. Sanusi sedang memberikan sambutan pada kegiatan Gema (Gerakan Masyarakat Membangun) Desa di Wilayah Kecamatan Singosari. (Foto: Tubagus Achmad/MalangTimes)

MALANGTIMES - Pemerintah Kabupaten Malang kian serius menggarap potensi desa. Gerakan itu melalui program Gema (Gerakan Masyarakat Membangun) Desa di seluruh Kecamatan di wilayah Kabupaten Malang. 

Kamis (20/2/2020) pagi Sanusi menggelar Gema  bertajuk Silaturrahmi Bupati Malang Dengan Masyarakat Kecamatan Singosaridi Singosari. Kegiatan itu diikuti dengan Peresmian Pujasera, Gedung Posyandu dan Poskesdes. 
 

Dalam kesempatan ini, Sanusi menjelaskan tujuan diadakannya kegiatan Gema (Gerakan Masyarakat Membangun) Desa di seluruh Kecamatan di wilayah Kabupaten Malang ini yakni untuk menjaring potensi desa dan disinergikan. "Tujuan kegiatan ini, menjaring potensi daerah untuk dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Malang dan dilaksanakan oleh masyarakat desa. Ini adalah program sinergi antara Bupati, Kepala Dinas, Kepala Desa, Camat, Muspika, beserta masyarakat desa," kata dia.

Menurut dia, setiap potensi desa yang mau dikembangkan bisa disinergikan dengan program yang ada di Kabupaten, "Dilaksanakan oleh masyarakat desa, dibina oleh kepala OPD teknis, maupun yang bersangkutan, untuk diwujudkan sebagai kegiatan mengembangkan perekonomian dan potensi di desa,"Jelasnya.

"Arahnya satu untuk mensejahterakan masyarakat, baik di bidang ekonomi, pendidikan, sosial dan kebudayaan," tambahnya.

Sanusi juga mengimbau kepada seluruh Kepala Desa untuk berkreasi mengembangkan potensi desa, agar disinergikan antara pihak terkait, sehingga menghasilkan pendapatan yang bisa dirasakan oleh masyarakat Desa.

Sanusi juga berharap khususnya untuk Kecamatan Singosari untuk lebih dikembangkan lagi agar menjadi Kecamatan yang terbaik. "Maka ke depan Singosari ini harus dikembangkan menjadi suatu Kecamatan yang berpotensi untuk menjadi Kecamatan terbaik di Kabupaten Malang. Semua ada di Singosari ini, tinggal pengembangannya. Tinggal masyarakatnya mau berkembang atau nggak," harapnya pada seluruh masyarakat yang hadir.

Dengan dimulainya Gema (Gerakan Masyarakat Membangun) Desa di Kecamatan Singosari, harapannya kegiatan yang semarak seperti ini dapat ditiru maupun lebih dikreasikan lagi oleh seluruh Muspika di tingkat Kecamatan yang ada di Kabupaten Malang. Karena kegiatan ini akan menyasar ke seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Malang.

Silaturrahmi ini dilaksanakan di Pujasera n Coffee Kembang Banyu yang juga diresmikan oleh Bupati Malang HM. Sanusi dengan Ketua DPRD Kabupaten Malang, terletak di Jalan Perusahaan Raya, Desa Tungjungtirto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

Di sepanjang jalan menuju arah jalan kampung di Desa Tunjungtirto, telah banyak siswa-siswi dari mulai SD sampai SMP menunggu di pinggir jalan dengan membawa bendera merah putih, siap menyambut Bupati Malang HM. Sanusi yang akan melintas.

Sanusi hadir sekitar pukul 08.00 WIB dan langsung menuju Lobby Hotel Grage terlebih dahulu untuk ramah tamah bersama jajaran Kepala Dinas, Muspika Kecamatan Singosari dan disana juga sudah menunggu di Lobby Hotel Grage Ketua DPRD Kabupaten Malang Didik Gatot Subroto. 

Di awal Sanusi memberikan sambutan pada kegiatan pembukaan Gema (Gerakan Masyarakat Membangun) Desa, dirinya meminta do'a kepada masyarakat yang hadir dalam acara tersebut,"Doakan ibu-ibu, bapak-bapak, pak kiai, insya allaah di Pilkada tahun depan, saya bersama Pak Didik untuk mencalonkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati," pintanya.