Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Sri Untari (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).
Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Sri Untari (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Rekom PDI Perjuangan untuk Pilkada Kabupaten Malang 2020 resmi dijatuhkan kepada petahana, HM. Sanusi. Dalam rekomendasi yang diberikan, Sanusi disandingkan dengan Didik Gatot Subroto yang kini menduduki kursi Ketua DPRD Kabupaten Malang.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Sri Untari yang sebelumnya juga digadang-gadang sebagai calon kuat untuk maju sebagai calon Bupati Malang pun angkat suara. 

Baca Juga : Mengharukan, Anies Baswedan Kirimkan 'Surat Cinta' pada Tenaga Kesehatan

Untari menyebut jika hal itu telah melalui berbagai proses. Dalam survei yang dibuat, Sanusi memang memiliki elektabilitas tinggi.

"Menurut teman-teman belum ada kandidat yang kuat dari PDI Perjuangan selain saya. Tapi, sebelumnya saya juga sudah dapat tugas untuk jadi Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin)," katanya, Kamis (20/2/2020).

Dia menyampaikan, mandat untuk menjadi bagian dari Dekopin merupakan salah satu amanat partai yang tak mungkin ditolak. Sehingga sebagai kader PDI Perjuangan, ia memilih tunduk dengan keputusan uang dibuat partai.

"Kan memang harus tegak lurus, saya sebagai kader nggak mungkin menolak itu," terangnya.

Lebih jauh Untari menyampaikan, komunikasi telah dilaksanakan secara intens antara PDI Perjuangan dengan Sanusi. Proses kurang lebih berjalan selama tiga minggu terakhir, hingga akhirnya Sanusi mendapat rekomendasi.

"Pak Sanusi sampaikan keinginannya dan disambut positif. Lalu dilakukan fit and proper test langsung. Elektabilitas beliau juga tinggi sebagai petahana," terang Untari.

Dalam proses itu, lanjutnya, Sanusi sempat mengutarakan keinginannya untuk disandingkan dengan Didik Gatot Subroto. Karena komunikasi secara intens sebelumnya juga telah dilakukan antara keduanya.

"Mungkin karena sudah cocok, karena keduanya juga sering lakukan giat bersama. Selama itu untuk yang terbaik akan kami dukung," papar dia.

Baca Juga : Lahir Putusan Sementara, Siadi-Tyas Sujud Jago Golkar di Pilkada Malang 2020

Menurutnya, PDI Perjuangan akan membuka pintu lebar bagi partai manapun yang akan berkoalisi. 

Sehingga pihaknya akan terus melakukan komunikasi dengan seluruh partai di Kabupaten Malang menjelang proses pemilihan berlangsung.

Sementara berkaitan dengan posisi Didik Gatot Subroto sebagai Ketua DPRD Kabupaten Malang, Untari menyebut jika semua proses yang berjalan akan ditaati. Termasuk untuk dilaksanakannya pergantian antar waktu (PAW). Namun dia masih belum menyebut nama untuk menggantikan posisi Didik ke depan.

"Kalau nama nanti saja dilihat," pungkasnya.