Jalur tol Mapan Singosari , (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)
Jalur tol Mapan Singosari , (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Pemerintah mewacanakan pembangunan Tol Malang-Pandaan (Mapan) akan dilanjutkan hingga ke Blitar, Jawa Timur. Setidaknya tujuh kelurahan di Kota Malang akan kembali terdampak dalam proses kelanjutan pembangunan tol yang menghubungkan Malang-Surabaya itu. 

Kelanjutan proyek tersebut, direncanakan hingga ke Kepanjen dan Blitar dan akan melalui wilayah Kota Malang. Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan, rencananya memang akan ada tujuh kelurahan yang akan dilalui tol tersebut. 

Baca Juga : Hari Ini, Pemkot Malang Luncurkan Bansos Tahap Awal bagi Warga Terdampak Covid-19

Namun, Sutiaji masih belum menjelaskan secara mendetail wilayah mana saja yang akan dilalui. Pasalnya, masih harus dikoordinasikan lebih lanjut dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Malang.

"Yang jelas Kelurahan Madyopuro akan dilewati, untuk lengkapnya akan dikoordinasikan dulu dengan Bappeda," katanya.

Meski melalui Kota Malang akan membutuhkan anggaran yang lebih besar, menurutnya pemilihan jalur ke Kepanjen dan Blitar seperti yang direncanakan yaitu melalui wilayah Kota Malang memang dinilai lebih terukur.

"Apapun itu, ini kan untuk kepentingan orang banyak dan kebaikan," terangnya lagi.

Dengan dilaluinya Kota Malang dalam proyek tersebut, maka secara otomatis akan ada pembebasan lahan di sekitar tujuh kelurahan.

Baca Juga : Bantuan Pangan Non Tunai di Kota Batu Sudah Cair, Berikut Jadwal dan Lokasi Tokonya

Sementara itu, di kawasan seksi V Tol Mapan di Madyopuro, sudah dilengkapi dengan papan penunjuk jalan untuk arah Blitar dan Kepanjen. Kemungkinan, rencana pembangunan itu akan terealisasi dalam waktu cepat.