Duo Jambret Asal Pasuruan (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Duo Jambret Asal Pasuruan (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Kosim (33) dan Arifin(33), warga Dusun Krajan, Dusun Kayoman, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan, harus berjalan tertatih-tatih menggunakan tongkat. Dua sahabat tersebut terpaksa ditembak petugas pada kakinya karena melawan saat  ditangkap.

Ditangkapnya duo asal Pasuruan tersebut setelah keduanya nekat melakukan aksi penjambretan di kawasan Flyover Arjosari, Kecamatan Blimbing, Kota Malang pada 18 Februari 2020.

Baca Juga : Edarkan Sabu di Tengah Pandemi Covid-19, Pengedar Asal Malang Dicokok Polisi Blitar

Saat itu, dua pelaku menjambret tas milik Alya Shadrina (19) mahasiwa yang kos Jl. Srigading, Desa  Kepanjen Kidul, Kota Blitar. Korban memang sudah diikuti oleh kedua pelaku dan mengincar tas miliknya.

Begitu sampai di kawasan flyover Arjosari yang saat itu tengah sepi, pelaku kemudian mendekati korban serta langsung mengambil tas milik korban yang berisi barang berharga.

"Kosim berperan mengemudikan sepeda motor, kemudian Arifin, menjadi eksekutor penjambretan kepada korban," ungkap Kapolrest Malang Kota, Kombespol Leonardus Simarmata (19/2/2020).

Setelah mendapat laporan dari korban, petugas langsung bergerak cepat dengan melakukan penyelidikan. Penyelidikan membuahkan hasil. Petugas menemukan keberadaan dua pelaku tersebut berada di wilayah Pasuruan.

"Keduanya berhsil ditangkap di Pasuruan. Kosim di Jalan Desa Kayoman dan  Arifin Desa Coek, Purwodadi, Pasuruan, karena saat akan ditangkap melakukan perlawanan, petugas langsung memberikan tindakan tegas," ungkapnya.

Sementara itu, Arifin mengaku baru pertama kali beraksi. Ia nekat beraksi karena tengah membutuhkan uang banyak untuk biaya operasi kiret istrinya.  

Baca Juga : Pelaku Pencabulan di Jatimulyo Disebut Punya Kelainan Seks terhadap Anak

"Biaya buat operasi istri saya. Bayi dikandungannya sudah meninggal, makanya mau operasi," ungkapnya

"Baru sekali buat bantuin dia (Arifin), istrinya mau operasi," tambah Kosim.

Dari tangan pelaku, berhasil diamankan satu buah helm Ink warna abu-abu, satu buah hp merk samsung galaxy A50 s warna hitam dan satu jaket warna merah.