Mobil pemadam kebakaran saat diterjunkan ke lokasi kejadian guna memadamkan api (Foto : PPBK Kabupaten Malang for MalangTIMES)
Mobil pemadam kebakaran saat diterjunkan ke lokasi kejadian guna memadamkan api (Foto : PPBK Kabupaten Malang for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Tiga unit mobil pemadam kebakaran terparkir di depan rumah Emanuel Widiatmoko warga Jalan Danur Wenda, Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Rabu (19/2/2020). 

Tidak lama kemudian, petugas PMK Kabupaten Malang beserta PSC 119 Kota Malang dan warga setempat  berupaya memadamkan kebakaran yang terjadi di rumah milik pria 51 tahun tersebut. 

”Dugaan sementara, kebakaan dipicu karena korsleting listrik,” kata Kepala Seksi PPBK (Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran) Kabupaten Malang, Agus Suyanto.

Diperoleh keterangan, insiden kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 14.30 WIB. Saat pertama kali diketahui, api sudah menjalar ke ruangan dapur milik korban.

Mengetahui rumahnya terbakar, korban sempat meminta bantuan para tetangganya untuk memadamkan api, sembari menunggu kedatangan petugas pemadam kebakaran.

”Tiga unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan ke lokasi kejadian, 2 di antaranya dari PMK Kabupaten Malang dan 1 unit lainnya diperbantukan dari PSC 119 Kota Malang,” terang Agus.

Butuh waktu sekitar satu jam bagi petugas gabungan untuk memadamkan api. Meski kejadian kebakaran ini tidak menelan korban jiwa, namun kerugian ditaksir mencapai jutaan rupiah. ”Hanya kerugian materiil, ditaksir mencapai lebih dari 5 juta,” pungkasnya.