Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat menyerahkan sertifikat kepada warga yang berhal menerima di Pasar Sayur Kota Batu, Senin (17/2/2020). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat menyerahkan sertifikat kepada warga yang berhal menerima di Pasar Sayur Kota Batu, Senin (17/2/2020). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - 277 warga akhirnya bisa menerima sertifikat dalam Program Agraria Daerah (Proda) berupa sertifikasi tanah milik RT/RW.

Program ini digaga Dinas Perumahan Kawasan Permukiman, Pertanahan (DPKPP) Pemkot Batu dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Batu, Senin (17/2/2020). 

Baca Juga : Bebas Macet dan Penuhi Kebutuhan, Apartemen The Kalindra Malang Pas Jadi Hunian Milenial

Secara simbolis, sertifikat itu diberikan Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso, dan Sekretaris Daerah Zadim Efisiensi saat Grand Launching di Pasar Sayur Kota Batu. Sertifikat itu diberikan langsung kepada 11 RT/RW di Kota Batu.

Ada yang dari Desa Beji, Desa Mojorejo, Desa Tlekung, Desa Junrejo, Desa Tlekung, Desa Tulungrejo, Desa Bulukerto, Desa Pesanggarahan, Kelurahan Sisir,  Kelurahan Songgokerto, dan sebagainya. Terlihat rona wajah bahagia menyelimuti mereka. 

“Proda itu merupakan program Wali Kota Batu periode 2012-2017, mengeluarkan surat keputusan sertifikat gratis,” kata Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kota Batu, Arief Setyawan

Ia menjelaskan saat itu ada 762 warga yang melakukan pendaftaran namun setelah dilakukan seleksi hanya 277 yang memenuhi untuk diterbitkan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Batu. 

“Dari sekian banyak yang mendaftar itu hanya 277 warga yang memenuhi syarat. Sisanya masih ada kelurahan yang belum selesai syaratnya,” imbuhnya. 

Baca Juga : Pemkot Batu Batasi Jam Operasional Kegiatan Usaha, Ini Rinciannya

Sementara itu Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menambahkan dengan diberikannya sertifikat itu untuk untuk tambahan modal membesarkan usaha.

“Misalnya beli sepeda motor atau mobil boleh tapi untuk kelancaran usaha. Jangan beli untuk gaya-gayaan,” jelasnya.