Suasana pertandingan Arema FC vs Persija di Piala Gubernur Jatim 2020 (Hendra Saputra)
Suasana pertandingan Arema FC vs Persija di Piala Gubernur Jatim 2020 (Hendra Saputra)

MALANGTIMES - Laga semifinal Piala Gubernur Jatim 2020 antara Arema FC menghadapi Persebaya Surabaya batal digelar di Stadion Kanjuruhan. 

Dan atas keputusan Polda Jawa Timur, pertandingan super bigmatch itu akan digelar di Stadion Supriadi, Blitar Selasa (18/2/2020) pukul 15.30 WIB.

Manajemen Arema FC melalui Media Officer Sudarmaji mengatakan bahwa pihaknya tidak keberatan atas keputusan yang dilayangkan oleh Polda Jawa Timur.

"Terkait keputusan Polda Jatim atas gelaran Semifinal Piala Gubernur, kami dari Arema FC secara tim kami sejak awal tidak pernah mempersoalkan dimanapun tempat diputuskan untuk digelar. Bahkan, saat Manager Meeting pada pertengahan Januari lalu yang dihadiri semua klub peserta agar bisa sportif menerima apapun keputusan penyelenggara sebagai wujud sportifitas dalam sepakbola," ungkap Sudarmaji.

Sebelumnya, pada tahun 2013 lalu Arema FC juga pernah menerima keputusan untuk bermain di Surabaya karena laga semifinal di Stadion Kanjuruhan dibatalkan. 

Tapi di tahun ini, kejadian terulang dan Singo Edan akan menerima bermain dimanapun sesuai keputusan penyelenggara atau pihak keamanan.

"Dari pengalaman itu, tahun ini tidak ingin terulang, justru kami mengharapkan awalnya agar apa yang dilakukan Arema saat itu bisa ditiru pihak lain. Namun faktanya, laga di Stadion Kanjuruhan tetap dibatalkan, padahal saat Manager Meeting awal Januari lalu, semua peserta ditawari untuk menjadi tuan rumah dan bersiap jika ditunjuk sebagai tempat babak penyisihan, semifinal dan final. Tapi hanya Madura United dan Arema yang siap ditunjuk, dan semua sportif menerimanya," ungkap Sudarmaji.

Karena itu, Sudarmaji meminta maaf kepada pecinta sepak bola Jawa Timur yang menantikan laga super bigmatch itu karena terpaksa diundur satu hari dan dipindah venue. 

Bahkan, yang terberat adalah laga syarat akan gengsi ini akan digelar tanpa penonton di semua laga semifinal.

"Kami meminta maaf kepada seluruh pecinta bola Jawa Timur yang telah menunggu laga ini, dan kini keputusannya justru tanpa penonton," katanya.

Tapi karena sudah bersedia menjadi tuan rumah, akhirnya panpel Arema FC akan membantu laga antara Madura United vs Persija Jakarta yang akan digelar di Stadion Kanjuruhan Senin (17/2/2020) malam hari.

"Kami terima kasih kepada Asprov PSSI Jatim yang berjuang agar laga ini tetap terjaga, meskipun berat perjuangannya. Kami siap membantu Asprov jalankan laga di Stadion Kanjuruhan antara Persija dan Madura United, karena laga semifinal dan final akan dihandle langsung oleh Asprov Jatim," terang Sudarmaji.

"Semoga sepakbola Jawa Timur tetap eksis dan berprestasi, sejatinya sepakbola itu bertanding di depan pendukungnya, semoga kedepan fans semua klub bersatu dan menjaga persaudaraan," imbuhnya mengakhiri.