Salah satu hotel bintang lima di Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Salah satu hotel bintang lima di Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Pemkot Batu tidak membuka bagi investor yang ingin mengembangkan hotel di bawah bintang tiga di Kota Batu. Namun Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menginginkan hadirnya hotel berbintang lima, setidaknya ada tiga.

“Ke depan harapannya itu investor bisa masuk ke Kota Batu dengan membangun hotel berbintang lima. Saat ini baru berapa hotel bintang limanya,” ucapnya.

Melihat saat ini hotel berbintang lima hanya ada satu di Kota Batu. Padahal bagi orang dengan ekonomi menengah ke atas, jika berwisata ke Kota Batu akan mencari penginapan berbintang lima.

“Terus terang saja, orang yang punya uang banyak, pasti yang dicari dengan fasilitas nyaman, dan berbeda. Itu jarang ditemukan di sini,” kata istri Eddy Rumpoko ini.

Karena itu jika dibangun lagi hotel berbintang tiga ke bawah, yang ditakutkan sepi peminat. Lantaran di Kota Batu sudah banyak berdiri hotel berbintang tiga ke bawah. Ditambah lagi, banyaknya penginapan atau home stay yang dimiliki warga setempat.

Hanya saja, jika ada pembangunan bintang lima lahan di Kota Batu menurut Dewanti sudah tidak memiliki tempat. Karena itu, solusinya, ia mengajak Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Batu agar anggotanya bisa memperbaharui kelas menjadi hotel berbintang lima.

“Yang memungkinkan ada hotel lama dijual lalu diupgrade karena lahan yang baru rasanya tidak ada. Sehingga kita maksimalkan yang ada, itu juga untuk pemerataan ekonomi,” jelasnya.

Dengan mengupgrade hotel, diharapkan akan berimbas dengan perekonomian masyarakat di Kota Batu. Sehingga ia berharap kepada PHRI Kota Batu bisa mengupgrade hotel.