Kapolda Jawa Timur Irjen. Pol. Luki Hermawan (kanan) saat memimpin prosesi sertijab di Gedung Mahameru Mapolda Jatim (Foto : Istimewa)
Kapolda Jawa Timur Irjen. Pol. Luki Hermawan (kanan) saat memimpin prosesi sertijab di Gedung Mahameru Mapolda Jatim (Foto : Istimewa)

MALANGTIMES - AKBP Yade Setiawan Ujung menjadi salah satu Pejabat Utama dan Kapolres Jajaran di wilayah hukum Polda Jawa Timur (Jatim), yang menjalani prosesi sertijab (Serah Terima Jabatan), di Gedung Mahameru Mapolda Jatim, Jumat (14/2/2020).

Mantan Kapolres Malang tersebut resmi menjabat sebagai Waka Polrestabes Bandung Polda Jawa Barat (Jabar). Sedangkan posisinya sebagai Kapolres Malang, digantikan oleh AKBP Hendri Umar yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubbagbungkol Spripim Polri.

Baca Juga : Usai Bebas Ikut Asimilasi, Residivis Curanmor di Kota Malang Kembali Kambuh

”Saya berpesan kepada seluruh pejabat yang baru, agar secepat mungkin beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja yang baru. Terutama kepada Kapolres dan  jajaran yang baru untuk sedini mungkin mengerti dan memahami situasi dan kondisi kamtibmas di wilayahnya,” tegas Kapolda Jawa Timur Irjen. Pol. Luki Hermawan, saat memimpin upacara sertijab, Jumat (14/2/2020).

Setelah resmi menjabat sebagai Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar diprediksi bakal sibuk mengurusi ribuan laporan kriminal yang ada di wilayah hukum Polres Malang. Terutama terkait kasus 3C (Curat, Curas, Curanmor).

Berdasarkan data yang dihimpun Polres Malang, pada tahun 2019 lalu ada 2.864 laporan kejahatan yang terjadi di wilayah hukum Polres Malang. 

Dari jumlah tersebut, 2.185 kasus di antaranya berhasil diungkap. Sedangkan 679 laporan, masih dalam proses penyelidikan.

”Setiap tahunnya tindak kejahatan yang terjadi di wilayah Kabupaten Malang selalu didominasi dengan tindak kejahatan pencurian yakni 3C,” jelas Kasubag Humas Polres Malang, Ipda Nining Kusumawati.

Pada tahun 2019 saja, lanjut Nining, sedikitnya ada 713 kasus pelaporan tindak pencurian yang dilayangkan ke jajaran kepolisian yang berdinas di Polres Malang. 

”Paling rawan kasus curat (pencurian dengan tindak pemberatan), tahun lalu ada 358 laporan. Kemudian curanmor (pencurian kendaraan bermotor) dengan 343 kasus, dan sisanya 12 laporan adalah kasus Curas (pencurian dengan tindak kekerasan),” terang Nining.

Baca Juga : Kejari Malang Terima Gugatan Online Kasus WP Hotel Penunggak Pajak

Bergeser ke 15 hari pertama pada tahun 2020, Polres Malang berhasil meringkus 23 tersangka dari 20 kasus yang terungkap. ”Dari 20 kasus yang terungkap didominasi dengan kasus 3C,” jelas Nining.

Terlepas dari itu semua, Kasubag Humas Polres Malang yang baru menjabat sejak akhir Januari 2020 ini, juga mengucapkan selamat datang kepada Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar yang baru menjalani prosesi sertijab.

Selain itu, Nining juga berharap agar mantan Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung bisa segera beradaptasi dan menjalankan mandat sesuai amanah yang diberikan.

”Selamat bertugas di tempat yang baru bapak AKBP Yade Setiawan Ujung, sukses selalu dan semoga bisa kembali bertugas di Polda Jatim dengan pangkat dan jabatan yang baru,” pungkasnya.