Petugas gabungan sidak beberapa tempat perbelanjaan di Kota Kediri Kediri. (eko Arif s /JatimTimes)
Petugas gabungan sidak beberapa tempat perbelanjaan di Kota Kediri Kediri. (eko Arif s /JatimTimes)

MALANGTIMES -  Untuk mengantisipasi peredaran kondom jelang perayaan hari kasih sayang atau Valentine's Day, petugas gabungan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kediri bersama Satpol PP dan Kepolisian menggelar Inspeksi Mendadak (Sidak) menyasar sejumlah mini market dan Mall.

Petugas mendatangi Hypermart Kediri dan sejumlah ritel modern. Mereka melakukan pengecekan rak display yang menjadi tempat penyimpanan penjualan kondom, petugas juga meminta keterangan dari pihak pramuniaga.

Baca Juga : Akhir Kisah Sahabat Rasulullah yang Mengatakan Zakat Adalah Pungli

Langkah ini ditempuh guna mengantisipasi perilaku negatif generasi muda menjurus pada praktik pergaulan seks bebas khususnya mendekati perayaan Hari Valentine.

'Kita sidak hari ini untuk mengetahui peredaran kondom mengingat ada event Valentine's. Kita melihat langsung di lapangan untuk melihat bagaimana sebenarnya peredaran kondom pada hari Valentine's. Kita lihat ada beberapa outlet tidak ada peningkatan," kata 
Sri Mulyaningtias, Kasi Farmasi dan Kesehatan, Dinas Kesehatan Kota Kediri saat melakukan sidak di swalayan, Kamis (13/3/20).

Menurut Sri Mulyaningtias, kita menyarankan kepada pihak penjual untuk mengamankan tempat penjualan kondom agar bebas dari jangkauan anak-anak.

"Tujuan kita untuk mengamankan generasi kita menjadi generasi yang sehat," kata dia.

Baca Juga : Pengantin 'Masker', Anak Kapolsek Beji Menyambut Hari Bahagia di Tengah Pandemi Covid-19

Pihaknya mengimbau kepada pengelola tempat perbelanjaan untuk menempatkan kondom pada rak display yang sulit dijangkau oleh anak di bawah umur. Serta secara selektif menjual kondom kepada yang sudah cukup usia, dalam arti sudah menikah.